Bagikan:

JAKARTA - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, melakukan pencegahan dengan cara penyaringan gejala Tuberkulosis (TBC) dan Human Immunodeficiency Virus (HIV) kepada puluhan warga binaan rutan setempat.

"Ada 25 orang yang kami ambil sampel skrining (penyaringan)," kata Kepala Rutan Kelas IIB Tanah Grogot Kabupaten Paser Doni Handriansyah di Tanah Grogot, Selasa 27 September dilansir Antara.

Dia mengatakan penyaringan para warga binaan itu dilakukan di klinik setempat dengan melibatkan Dinas Kesehatan dan tenaga medis Puskesmas Tanah Grogot.

Langkah itu, kata dia, sebagai upaya mitigasi, penyaringan, dan deteksi dini guna meminimalisasi penyebaran TBC dan HIV di dalam rutan.

Dia mengatakan 25 warga binaan rutan tersebut mengikuti serangkaian pemeriksaan mulai dari tahapan pengambilan sampel darah dan dahak, serta menjawab pertanyaan dari tim medis.

"Mereka juga diberikan edukasi seputar riwayat penyakit, dalam kegiatan itu melalui konseling TBC dan HIV," ucap Doni.

Dia mengapresiasi kerja sama tim medis yang terlibat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Ia juga berharap, kegiatan serupa dapat dilakukan secara berkesinambungan.

"Kami berharap kegiatan seperti ini akan terus berjalan secara berkesinambungan untuk menjaga agar kesehatan warga binaan tetap terjaga dari penyebaran virus," kata dia.