Jelang Hadiri Pemakaman Mantan PM Jepang Shinzo Abe, Wapres Sempatkan Olahraga Pagi di Hibiya Park
Wapres menyempatkan diri olahraga pagi sebelum menghadiri prosesi pemakaman mantan PM Jepang Shinzo Abe di Nippon Budokan Jepang pada hari ini. (Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin sedang kunjungan kerja (kunker) ke Jepang. Keduanya tetap menyempatkan diri olahraga di Hibiya Park, Tokyo, pada Selasa 27 September pagi.

Taman Hibiya seluas sekitar 1,6 kilometer persegi tersebut berlokasi tepat di seberang depan hotel Wapres bersama Ibu Wury Amin menginap.

Olahraga Wapres diawali jalan pagi mulai sekitar pukul 06.00 waktu setempat dengan lebih dahulu melakukan pemanasan singkat.

Wapres lalu menyusuri jalan-jalan taman yang asri dengan pohon-pohon yang masih berdaun hijau meski Jepang sudah memulai musim gugur.

Taman tersebut memiliki puluhan pohon tinggi termasuk pohon gingko yang dikenal sebagai "Kubi-kake gingko" dengan usia sekitar 500 tahun.

Wapres dan Ibu Wury berkeliling sekitar tiga kali sebelum beristirahat di bangku tengah taman.

Berdasarkan laporan Antara, Wapres dan rombongan terbatas melakukan kunker ke Jepang mulai 25-28 September 2022.

Pada Senin 26 September, Wapres bertemu dengan Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi di Wisma Duta Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo. Pertemuan itu juga diselingi dialog dengan warga Indonesia yang tinggal di Jepang melalui sambungan zoom.

Pada hari yang sama, Wapres juga bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Fumio Kishida di Istana Akasaka, Tokyo.

Sedangkan pada hari ini, Wapres direncanakan menghadiri prosesi pemakaman kenegaraan mantan PM Jepang Shinzo Abe di Nippon Budokan pada Selasa 27 September.

Pada pemakaman kenegaraan tersebut juga akan dihadiri oleh 218 negara dan organisasi internasional, termasuk Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Haris, PM India Narenda Modi, PM Australia Anthony Albanese, PM Singapura Lee Hsien Loong, Wapres Filipina Sara Duterte, PM Kamboja Hun Sen, Presiden Vietnam Nguyen Xuan Phuc.