Basarnas Evakuasi 22 Penumpang <i>Longboat</i> Tenggelam di Maluku Utara, 4 Orang Tewas
Tim Basarnas mengevakuasi empat penumpang longboat meninggal dunia akibat tenggelam di Perairan Mangoli, (Basarnas Ternate/Abdul Fatah)

Bagikan:

MALUKU - Basarnas Ternate mengevakuasi sebanyak 22 penumpang longboat yang tenggelam di Perairan Pulau Mangoli, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), Maluku Utara (Malut).

Kepala Basarnas Ternate, Fathur Rahman mengatakan dari proses evakuasi pihaknya dan warga dari 22 penumpang sebanyak empat orang dinyatakan meninggal dunia.

"Akibat insiden nahas kapal tenggelam di perairan Kepulauan Sula ini, empat orang ditemukan meninggal dunia dan 18 lainnya selamat," kata Fathur di Ternate, dikutip dari Antara, Minggu 25 September.

Berdasarkan informasi, longboat itu tenggelam pada Minggu 25 September pagi. Awalnya longboat tersebut bertolak dari Desa Buya menuju ke Sanana, sekitar pukul 08.15 WIT, longboat tersebut dilaporkan terbalik di Perairan Desa Paslal.

Setelah menerima laporan, Basarnas langsung bergerak ke lokasi melakukan evakuasi korban ke Desa Paslal.

Ia mengatakan, sekitar pukul 12.55 WIT tim SAR gabungan tiba di Desa Paslal dengan membawa semua korban yang telah dievakuasi lalu dilakukan pendataan.

"Setelah dievakuasi, tim SAR gabungan kemudian melakukan pendataan terhadap para penumpang dan empat orang dalam keadaan meninggal dunia, sedangkan empat orang lainnya dievakuasi ke RSUD untuk mendapatkan perawatan medis lanjutan karena alami trauma," kata Fathur.

Sementara itu, berdasarkan data, empat nama korban yang meninggal dunia tersebut adalah Hasria Safi (7 tahun), Tete ona (70 tahun), Ni Umamit (57 tahun), Jaria Hania (45 tahun).

Sedangkan, nama-nama korban yang selamat antara lain Spaldin Umadir (Motoris), Safi Umasugi (45), Marjuki embisa (30 tahun), Marjatia embisa (8 tahun), Suman Umadir (25 tahun), Hajrin Tidore (15 tahun), Bahrudin (25 tahun), Ruwaidah (37 tahun).

Selanjutnya Wacici Pramida (15 tahun), Sayina Sapsuha (54 tahun), Nurlaila Tidore (20 tahun), Nurfadila (24 tahun), Sanusi, Awria Sapsuha, Sri Sapsuha, Sahwan, Lajuma dan Farid.