Waspada Banjir, Medan Masuki Fase Kedua Musim Hujan
ILUSTRASI/Banjir akibat meluapnya Sungai Deli di Kelurahan Aur, Medan/DOK ANTARA

Bagikan:

MEDAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan menyatakan Kota Medan, Sumatera Utara, memasuki fase kedua musim hujan tahun ini.

"Hujan yang terjadi di Kota Medan dan sekitarnya saat ini merupakan fase kedua, setelah di April tahun ini," ujar prakirawan BMKG Wilayah I Medan, Utami Al Khairiyah dikutip ANTARA, Jumat, 23 September.

Kondisi cuaca pagi hingga siang hari, jelas dia, akan terjadi panas terik, namun memasuki sore sampai malam hari disertai mendung yang cenderung turun hujan.

Utami mengatakan, kondisi tersebut dinilai wajar terjadi akibat memasuki musim hujan yang puncak musim hujan diperkirakan terjadi pada Oktober mendatang.

"Tapi ada peningkatan curah hujan menjadi sedang atau curah hujan sekitar 20 hingga 50 milimeter per hari. Tidak hanya di Medan, namun di Sumatera Utara karena hujan yang terjadi merata," terangnya.

Pihaknya mengimbau masyarakat Kota Medan dan sekitarnya agar mewaspadai titik genangan air yang berpotensi terjadi dan meminta membersihkan saluran air.

Sementara Pemko Medan mencatat jumlah genangan tahun lalu tercatat 1.514 titik, sehingga menyebabkan banjir melanda Kota Medan akibat hujan deras di November 2021.

"Kami mengimbau agar masyarakat waspada banjir dengan membersihkan saluran air atau drainase, sehingga tidak terjadi genangan," terang Utami.