Namanya Diseret-seret ke Kasus Ferdy Sambo, Bambang Pacul Beri <i>Warning</i> ke Kamaruddin
Ketua Komisi III DPR Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul. (Nailin I S-VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Komisi III DPR Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul memberikan peringatan kepada Kamaruddin Simanjuntak, pengacara keluarga Nopriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J tidak bertindak spekulatif dengan tetap berpegang pada fakta.

Hal itu dikatakan Pacul usai namanya diseret-seret dalam kasus pembunuhan berencana Brigadir J dengan dalang Irjen Ferdy Sambo.

"Hari ini terlalu banyak orang bicara yang sifatnya spekulatif. Jadi sesuai dengan dia punya pikiran. Apakah spekulatif enggak boleh? Boleh, supaya tidak spekulatif, konfirmasi ke data, cari bukti. Baru ketemu, baru speech. Tapi enggak boleh tho, kalau menyebut nama orang masih spekulatif," ujar Bambang Pacul di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa, 20 September.

Nama Pacul dikait-kaitkan Kamaruddin saat berbicara dalam sebuah kanal YouTube. Pacul yang merasa geram mengatakan daripada Kamaruddin berbicara spekulatif sebaiknya menguatkan bukti.

Bambang Pacul menegaskan kasus Sambo sudah diproses secara hukum. Dia meminta agar tidak menyeret-nyeretnya ke dalam ranah politik.

"Faktanya, untuk melobi untuk kepentingan apa, kan spekulatif. Urusan Pak Sambo? Urusan apa. Orang udah clear itu urusan hukum kok, geser-geser ke urusan politik," katanya.

Sekretaris Fraksi PDIP itu menyayangkan Kamaruddin yang berprofesi sebagai pengacara berbicara spekulatif tanpa ulasan yang tajam. Dia pun mengaku tidak perlu membantah pernyataan Kamaruddin.

"Seratus persen itu adalah spekulasi si pengacara itu. Saya itu sebetulnya ndak perlu bantah, apa yang mau dibantah? Kalau seorang profesi pengacara nggak perlu spekulatif. Coba, kalau seorang dokter spekulatif, kan payah. Pakai analisis yang tajam dong," katanya.

Menurut Pacul, namanya dikaitkan dengan kasus Irjen Ferdy Sambo karena disebut melobi Mensesneg Pratikno yang sama-sama merupakan alumni UGM.

"Hanya karena Bambang Pacul dari UGM, kemudian Pak Mensesneg sama-sama dari UGM, langsung dikaitkan," katanya.

Direspons politikus PDIP

Anggota Komisi III DPR Trimedya Panjaitan meyakini rekan separtainya Bambang Pacul tidak terlibat dalam kasus Irjen Ferdy Sambo. Dia juga sangksi Pacul bisa kenal dengan Sambo.

"Yang jelas Mas Pacul bukan lawyer, kalau lawyer tentu kenal. Saya enggak yakin lah," kata Trimedya di Gedung DPR, Selasa, 20 September.

Trimedya menambahkan, Bambang Pacul juga bukan tipikal orang yang mengurusi urusan orang lain.

"Kedua, sepanjang kenal dia (Pacul) enggak tipikal orang yang begitu. Kalaupun umur dia tinggi, dia manggil sama-sama bos tapi saya enggak yakin. Kita sering diskusi, jadi saya enggak yakin," kata Trimedya.