Wali Kota Medan Berencana Bangun Plaza UMKM di Depan Kampus USU
Wali Kota Medan Bobby Nasution meninjau stan produk lemang di Gapura Kampung UMKM, Jalan Jamin Ginting, Medan, Kamis (15/9/2022). (ANTARA/HO-Diskominfo Kota Medan)

Bagikan:

MEDAN - Wali Kota Medan Bobby Nasution merencanakan akan membangun Plaza UMKM guna menjadi wadah mengedukasi, menampung dan memasarkan produk hasil usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di daerah ini.

"Pemkot Medan akan membuat Plaza UMKM di depan Kampus USU (Universitas Sumatera Utara). Tahun depan kita mulai pembangunan fisiknya," kata Bobby usai penandatanganan MoU bersama Gojek di Medan dikutip ANTARA, Kamis, 15 September.

Nantinya, terang dia, Plaza UMKM ini juga akan diisi dengan berbagai pelatihan sesuai bidang usaha yang digeluti, seperti kuliner terkait pengemasan produk, resep baru, dan memilih bahan makanan terbaik.

Bobby Nasution mencontohkan, misalnya pelaku UMKM tape di Kecamatan Medan Tuntungan akan bisa mempelajari pengemasan produk tape, sehingga menarik dan produknya dapat bertahan lebih lama.

Data Dinas Koperasi UKM Kota Medan menyebut, jumlah UMKM di daerah ini sebanyak 27.753 unit terdiri atas usaha mikro 22.213 unit, usaha kecil 5.447 unit, dan usaha menengah 103 unit.

"Kita ketahui di Kelurahan Ladang Bambu ini terkenal UMKM tapenya. Mudah-mudahan kehadiran Plaza UMKM nanti dijadikan sebagai tempat pembelajaran dalam melakukan pengemasan," jelasnya.

Bobby Nasution juga mengungkapkan penandatanganan MoU ini sebagai bentuk dukungan Pemkot Medan dan Gojek terhadap UMKM untuk melaksanakan program Saka Sanwira (Satu Kelurahan Satu Sentra Kewirausahaan).

"Saka Sanwira merupakan janji kampanye saya, dan Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman. Program ini untuk menggerakkan perekonomian, dan menambah lapangan pekerjaan UMKM di wilayahnya," ucap Bobby Nasution.

"Melalui Saka Sanwira, kita targetkan agar seluruh kecamatan dapat membina dan membuat lapangan pekerjaan di wilayahnya masing-masing," tegas Wali Kota Medan.