Kata Ridwan Djamaluddin, Jokowi Kasih Perhatian Khusus ke Babel untuk Tekan Inflasi
Foto: BPMI Setpres/Lukas

Bagikan:

JAKARTA - Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Ridwan Djamaluddin bilang, Joko Widodo (Jokowi) memberi perhatian lebih kepada daerahnya dalam menekan inflasi sebagai dampak pengalihan BBM bersubsidi.

"Saat ini inflasi Babel lima tertinggi di Pulau Sumatera," kata Ridwan Djamaluddin di Pangkalpinang, Selasa 13 September.

Ia mengatakan Presiden Joko Widodo pada pertemuan dengan seluruh kepala daerah se-Indonesia secara virtual pada Senin 12 September kemarin meminta gubernur, bupati, wali kota dapat bekerja bersama dalam mengendalikan inflasi, seperti saat bekerja serentak mengatasi COVID-19.

"Pada pertemuan kemarin dengan Presiden Jokowi, beliau menyebutkan posisi inflasi Babel tertinggi ke 5 dari 10 provinsi di Pulau Sumatera. Oleh karena itu, Bapak Jokowi akan memberikan perhatian khusus dalam menekan inflasi di daerah ini," ujar Ridwan Djamaluddin.

Ia menjelaskan lima dari 10 provinsi di Pulau Sumatera yang tinggi inflasinya yaitu Jambi, Sumatera Barat, Kepulauan Babel, Aceh, dan Kepulauan Riau, harus dikendalikan inflasinya dengan segera melakukan intervensi di lapangan.

"Jika tidak segera diintervensi, maka ini akan berdampak kepada naiknya berbagai kebutuhan pokok masyarakat dan angka kemiskinan," kata Ridwan Djamaluddin dinukil dari Antara.

Menurut dia, saat ini penyumbang terbesar inflasi di Babel berasal dari tarif angkutan udara yang tinggi dan berbagai komoditas kebutuhan pokok dari luar daerah.

"Kami akan memperkuat kerja sama antardaerah untuk memetakan sumber barang-barang, sehingga kita bisa membelinya dengan biaya yang efisien," katanya.