Demo Kenaikan Harga BBM di Patung Kuda Rusuh, Pendemo Tercebur ke Dalam Kolam
Kerusuhan pendemo BBM di Patung Kuda/ Foto; Rizku Sulistio/ VOI

Bagikan:

JAKARTA - Aksi unjukrasa penolakan kenaikan bahan bakar minyak (BBM) di kawasan Patung Kuda, Monas, Jakarta Pusat, sempat terjadi bentrokan antar dua kelompok massa berbeda. Bentrokan dipicu dari adanya provokasi dari salah satu kelompok massa yang berbeda. Akibat bentrokan itu beberapa pendemo tercebur ke dalam kolam air Patung Kuda. 

"Ada provokasi, kita ada mobil komando dari masa gabungan Alumni PA 212, lagi baca doa tapi mobil komando mereka justru teriak-teriak," kata Abu, salah satu pengunjukrasa kepada VOI di lokasi, Senin, 12 September.

Kemudian, mobil komando dari massa berbeda yang baru datang dan hendak merangsek ke barikade kawat berduri langsung dihalau kelompok massa lainnya.

Mobil komando yang diduga sebagai provokator pemecah massa itu dipukul mundur hingga ke arah Tugu Tani. Bahkan seorang di antara massa yang berbeda kubu tersebut sempat tercebur ke dalam bundaran air gedung Indosat, dekat Patung Kuda, Monas.

"Mereka beda kelompok massa dengan kita, dugaan massa bayaran mereka. Memang tuntutannya sama soal penurunan BBM dan Jokowi," ucap Abu.

Kejadian tersebut sempat dilerai petugas Kepolisian yang berada di lokasi kejadian. Kedua kelompok massa yang terlibat bentrokan sempat diamankan petugas.