Diguyur Hujan Deras, 6 Ruas Jalan di Jakarta Terendam Banjir 
ILUSTRASI DOKUMENTASI ANTARA/Jalanan Kemang banjir/FOTO: Sigid Kurniawan

Bagikan:

JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat 6 ruas jalan di Jakarta Barat, Jakarta Pusat, dan Jakarta Timur terendam banjir setelah hujan mengguyur sejak sore hari.

"Informasi genangan saat ini terdapat enam ruas jalan tergenang di Wilayah DKI Jakarta," kata Kepala Pusat Data dan Informasi BPBD DKI Insaf dalam keterangannya, Jumat, 9 September.

Di Jakarta Barat, banjir menggenangi satu ruas jalan, yakni Jalan Lingkar luar barat, Kelurahan Kembangan utara, Kecamatan Kembangan, dengan Ketinggian air 20 sentimeter.

Di Jakarta Pusat, banjir menggenangi empat ruas jalan, yakni Jalan Melati Suci, Tanah Abang, dengan ketinggian air 20 sentimeter; jalan depan Pasar Tanah Abang dengan ketinggian air 20 sentimeter; Jalan H. Samanudi, Sawah Besar dengan ketinggian air 20 sentimeter; dan Jalan Budi Kemuliaan, Gambir dengan ketinggian air 20 sentimeter.

Kemudian di Jakarta Timur, banjir menggenangi satu ruas jalan, yakni Jalan Pisangan Baru Utara, Matraman, dengan dengan ketinggian air 20 sentimeter.

Insaf menerangkan, kondisi genangan saat ini sedang ditangani oleh sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) DKI terkait, yakni BPBD, DSDA, Damkar, dan PPSU Kelurahan.

"Genangan ditargetkan akan surut dalam waktu cepat," ucap Insaf.

Sementara, dalam laporan BPBD pada akun Twitter @BPBDJakarta, saat ini Pintu Air Pasar Ikan berstatus Siaga 2. Warga di Kamal Muara, Kapuk Muara, Penjaringan, Pluit, Ancol, Kamal, Marunda, Cilincing dan Kalibaru diminta mewaspadai datangnya banjir.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hampir seluruh wilayah Jakarta masih akan diguyur hujan hingga malam hari.

"Masih berpotensi terjadi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang," tulis akun @BPBDJakarta.