Terbukti Bunuh Istri, Praka Marten Divonis 20 Tahun Penjara dan Dipecat dari TNI
Praka Marten Priadinata Chandra yang bertugas di Korem 023/KS dengan pidana selama 20 tahun penjara (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Pengadilan Militer Tinggi I Medan memvonis terdakwa Praka Marten Priadinata Chandra yang bertugas di Korem 023/KS dengan pidana selama 20 tahun penjara. Dia dinilai terbukti bersalah dan meyakinkan secara berencana melakukan pembunuhan terhadap istrinya Ayu Lestari.

Majelis Hakim Ketua Letkol Sus Sarifuddin Tarigan, dan Hakim Anggota masing-masing Letkol Chk Sudiyo, serta Mayor Sus Ziky Suryadi, dalam putusannya di Pengadilan Militer I Tinggi Medan mengatakan Praka Marten juga dipecat dari Dinas TNI AD.

Menurut Hakim Ketua, hal-hal yang memberatkan adalah perbuatan terdakwa melanggar 8 wajib TNI butir ke-7, merusak citra TNI AD pada umumnya dimata masyarakat, dan khususnya Korem 023/KS.

"Sedangkan hal-hal yang meringankan bahwa terdakwa tidak pernah dihukum dan sangat menyesali perbuatannya," kata Hakim membacakan putusan dilansir Antara, Selasa, 24 November.

Atas putusan tersebut, terdakwa dan penasihat hukumnya pikir-pikir. Sebelumnya, Oditur Militer 1-02 Medan menuntut terdakwa Praka Marten dengan pidana mati dan melanggar Pasal 340 KUH Pidana, karena terbukti telah melakukan pembunuhan berencana terhadap istrinya Ayu Lestari.

Terdakwa Praka MPC menjalani sidang pertama di Pengadilan Militer Tinggi I Medan, Selasa, 6 Oktober.Dengan Surat Dakwaan No,Sdak/55/VIII/2020 tanggal 13 Agustus

Sidang dengan Nomor Perkara: 50-K/PM.I.02/AD/IX/2020 ini digelar di Ruang Sisingamangaraja XII dengan Majelis Hakim Ketua Letkol Sus Sarifuddin Tarigan, dan Hakim Anggota masing-masing Letkol Chk Sudiyo, serta Mayor Sus Ziky Suryadi.

Dalam persidangan, Praka MPC didampingi pembela hukum Mayor Chk TB Harefa, dan Serma J Nainggolan dari Korem 023/KS.Terdakwa Praka MPC dikenakan dakwaan primer Pasal 340 Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUH Pidana,dengan dakwaan subsider Pasal 338 Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUH Pidana.