Sylviana Murni: Pj Gubernur DKI Harus Sosok Berintegritas dan Komitmen Majukan Jakarta
ILUSTRASI DOK VOI

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Badan Kerja Sama Parlemen Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Sylviana Murni menegaskan sosok yang bakal menjadi penjabat (Pj) gubernur DKI Jakarta harus memiliki integritas dan komitmen yang kuat untuk memajukan Jakarta.

“Pj gubernur DKI tentu harus orang yang memiliki integritas dan komitmen yang kuat untuk kemajuan Jakarta. Terutama kita tahu bahwa status Jakarta saat ini bukan lagi ibu kota dan akan bermetamorfosa jadi kota global,” kata dia dilansir ANTARA, Rabu, 7 September.

Hal itu dia katakan mengingat masa jabatan Anies Bawedan akan berakhir pada Oktober 2022 mendatang. Meskipun muncul beberapa nama yang ramai diperbincangkan publik, Sylviana yang pernah maju di Pilkada DKI 2017 ini menilai penunjukan pj gubernur DKI menjadi kewenangan presiden atas rekomendasi Kementerian Dalam Negeri.

Menurut Sylviana dalam sekitar dua tahun masa jabatan pj gubernur DKI bisa dimanfaatkan merealisasikan masa transisi dari ibu kota negara menjadi kota global.

“Mau atau tidak, nantinya Pj akan punya tanggung jawab besar mengawal program gubernur yang sudah ditetapkan dalam RPJMD. Kan ketentuannya, antara lain bahwa Pj harus melanjutkan karena batu penjuru Jakarta sudah jelas,” katanya.

Diketahui, tiga sosok yang saat ini ramai dibicarakan untuk menggantikan Anies Baswedan, di antaranya Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Marullah Matali, dan Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri, Bahtiar.

“Kita tunggu saja presiden tentukan siapa, itu kan hak prerogatif presiden ya. Tapi yang pasti ketiganya punya kapasitas, sekelas eselon I itu sudah khatam lah cara berbirokasi dan berpemerintahan seperti apa,” kata dia.