Bagikan:

JAKARTA - Head of Low Carbon Energy and Infrastructure Team at British Embassy Jakarta, Ianto Jones menyatakan otoritas London akan membantu membiayai pemasangan panel surya sebagai sumber energi di puluhan RSUD di Jakarta.

Hal ini ia sampaikan dalam kegiatan peluncuran bersama program Implementasi Aksi Iklim (Climate Action Implementation/CAI) baru dan proyek infrastruktur berkelanjutan yang dipipimpin oleh C40 Cities Finance Facility (CFF).

Pada sambutannya, Ianto menyebut London tak hanya menggelontorkan biaya, namun juga membantu dalam akses pemasangan panel surya tersebut.

"Untuk DKI Jakarta, UK (United Kingdom) akan membantu kota ini meningkatkan regulasi terhadap bangunan hijau, meningkatkan inventaris rumah kaca dan proyek terkait proses pembiayaan rumah sakit dan panel surya dan membantu akses pemasangan panel surya di seluruh provinsi (di Jakarta)," kata Ianto di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Selasa, 6 September.

Menurut Ianto, Jakarta adalah kota yang cukup terkenal di London karena dipandang sebagai sasaran perbaikan iklim yang ambisius. Karena itu, London tertarik untuk mendiskusikan akselarasi dan transformasi untuk membentuk Jakarta sebagai kota masa depan yang berkelanjutan.

"Jakarta dan kota C40 berperan penting dalam menangani masalah iklim di dunia internasional dan di kota. Kami mendukung DKI Jakarta untuk mewujudkan ambisi iklim yang luar biasa melalui bantuan teknis dan kolaborasi," kata Ianto.

Ianto menjelaskan, energi terbarukan adalah energi yang paling murah dan bersih. Menurutnya, hampir dua per tiga dari proyek solar panel dan angin ditujukan untuk membangkitkan energi termurah dan energi terbarukan yang akan mengubah opsi energi di tingkat dunia dan memperbesar lapangan kerja.

Karena itu, London berkomitmen untuk memperkuat kolaborasi dengan Jakarta dan mendorong target zero emission pada tahun 2030.

"Melalui kemitraan ini, UK berkomitmen untuk mendukung DKI Jakarta untuk mencapai net zero target. Saya meneruskan harapan dari gubernur saya yang tidak bisa hadir, semoga tahun-tahun ke depan kita bisa merintis jalan untuk mencapai net zero dan menginspirasi C40," papar dia.