Harga BBM Naik, Menteri Sandiaga Siapkan Insentif untuk Pelaku Ekraf
Sandiaga Uno (Foto via Kementerian)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menjamin tidak tinggal diam dalam merespon kenaikan harga BBM. Dia akan membantu para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif atau ekraf.

Sandiaga juga menyatakan siap untuk memberikan bantuan sosial langsung dengan proses yang akan dipercepat. Berbagai masukan pun terus dilakukan oleh timnya.

“BBM naik, kami di Kemenparekraf tidak akan tinggal diam. Kami akan terus turun ke lapangan memberikan masukan langsung kepada pelaku parekraf. Apabila teman-teman membutuhkan bantuan sosial tentu akan kami percepat prosesnya,” kata Sandiaga, Senin 5 September.

Sandiaga meminta seluruh pelaku Parekraf untuk segera melakukan perhitungan terkait biaya produksi secara tepat dan cepat agar semakin efisien ke depannya.

Untuk diketahui, pemerintah resmi menaikkan harga BBM per 3 September 2022. Harga Pertalite naik dari Rp7.650 menjadi Rp10.000 per liter. Kemudian harga solar subsidi naik dari Rp5.150 jadi Rp6.800 per liter. Harga Pertamax juga ikut naik dari Rp12.500 jadi Rp14.500 per liter.

Sandiaga yang juga seorang pengusaha mengingatkan para pelaku Parekraf untuk memegang tiga kunci dalam mengelola usaha, terutama di masa inflasi dan kenaikan bahan pokok, yakni dengan kelola biaya, diversifikasi sumber pasokan, dan jaga arus kas.