Cara Cek BLT Subsidi BBM: Ada 2 Lagi Subsidi Sejenis dari Kemensos
Cara Cek BLT Subsidi BBM (Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Sudah dengar belum? Kalau saat ini ternyata pemerintah tengah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) loh, untuk jadi salah satu pengalihan subsidi BBM. Lalu bagaimana cara cek BLT subsidi BBM?

Penyaluran bantuan sosial (bansos) BLT BBM ini disalurkan terhadap penerima yang teregistrasi dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Diinfokan dari berita sah dalam situs Sekretariat Kabinet, perubahan data DTKS dikerjakan tiap bulannya. 

Pembaruan DTKS dikerjakan menurut usulan dari pemerintah Daerah. Kemudian, masyarakat juga bisa memberikan usulan lewat menu “Masukan dan Sanggah” pada apliaksi Cek Bansos, dengan data yang diusulkan akan diperiksa dan diverifikasi.

Pemerintah mengalokasikan dana sebesar Rp 12,4 triliun untuk program BLT BBM ini, dengan sempurna target sebanyak 20,65 juta keluarga penerima manfaat (KPM). Nantinya, masing-masing penerima manfaat bansos akan menerima bantuan sebesar Rp 300 ribu sebanyak dua kali atau sempurna Rp 600.000. Pemberian bantuan itu dijalankan dalam dua tahap, pada September dan Desember akan datang.

Cara Cek BLT Subsidi BBM

Data penerima manfaat bantuan sosial dari Kemensos bisa menjalankan pengecekan lewat website sah cekbansos.kemensos.go.id. Sistem pengecekan data penerima BLT BBM sebagai berikut: 

  1. Masuk situs cekbansos.kemensos.go.id 
  2. Masukkan data kawasan penerima manfaat yang terdiri dari provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa 
  3. Sesudah itu, masukkan nama penerima manfaat cocok KTP 
  4. Kemudian ketikkan 8 huruf kode yang dipisahkan spasi. Masukkan huruf kode captcha 
  5. Sesudah data yang dimasukkan benar, klik tombol “Cari Data”

Cara cek bansos Kemensos akan mencari identitas penerima manfaat sesuai kawasan yang dimasukkan, dan akan timbul apakah data yang dimasukkan termasuk penerima manfaat bansos BLT BBM atau bukan.

Bantuan Lain

Selain soal BLT, pemerintah juga menyalurkan dua bantuan lainnya, yakni bantuan subsidi bayaran (BSU) dan bantauan pemerintah setempat. Untuk BSU, pemerintah akan menyalurkannya terhadap 16 juta pekerja dengan gaji maksimal Rp 3,5 juta per bulan. Nantinya, mereka juga akan mendapatkan dana bantuan sebesar Rp 600.000. 

Sementara untuk bantuan pemerintah setempat akan diberi dengan menerapkan 2 persen dari dana transfer umum, yakni DAU dan DBH sebanyak Rp 2,17 triliun. Ketiga variasi bantuan ini yakni bantalan sosial sebagai pengalihan subsidi bahan bakar minyak (BBM) sebesar Rp 24,17 triliun. Dengen semacam itu, pemerintah berkeinginan bisa meningkatkan kekuatan beli masyarakat dan mengurangi tekanan dampak kenaikan harga.

Setelah mengetahui cara cek BLT subsidi BBM 2022, simak berita-berita menarik lainnya hanya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!