Bansos BLT BBM Rp300 Ribu Sudah Cair, Begini Cara Cek Penerimanya
Ilustrasi bansos BLT BBM (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Program bantuan sosial pengganti subsidi BBM sudah dicairkan oleh pemerintah. Penyaluran Bantuan Subsidi Upah (BSU) Kemnaker dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) BBM Kemensos 2022 sudah dimulai tanggal 12 September. Bagai masyarakat yang tergolong penerima sudah bisa mendapat bansos BLT BBM Rp300 ribu yang dibagikan dalam dua tahap.

Penyaluran BLT BBM dikirimkan melalui kantor pos terdekat. Sementara pemberian BSU 2022 dilakukan via transfer langsung ke rekening penerima bantuan. BLT BBM disalurkan selama periode September-Desember 2022 dengan besaran Rp600 ribu. Lalu bagaimana cara mengeceknya status penerima dua bansos tadi?

Anggaran Bansos BLT BBM Rp300 Ribu

Pemerintah memberikan BLT BBM sebesar Rp12,4 triliun kepada sebanyak 20,65 juta keluarga kurang mampu. Sementara BSU yang diberikan sebesar Rp2,61 triliun bagi 4,36 juta pekerja/buruh yang menerima. 

BSU merupakan subsidi yang dibagikan kepada pekerja yang memiliki gaji maksimum sampai Rp3,5 juta per bulan. Penyaluran dana BSU dikirimkan langsung kepada Bank Himbara sebagai bank penyalur lewat Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN). Kemudian bantuan tersebut dikirimkan langsung kepada penerima BSU. Besaran BSU yang diterima sejumlah Rp600 ribu per penerima.

Dalam pendataan penerimanya, pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) akan selalu memperbarui Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Pemerintah menggunakan DTKS penyaluran bantuan lebih tepat sasaran.

“Jadi di UU itu sebetulnya satu tahun dua kali, tapi karena kondisi perubahan di daerah itu cukup pesat maka kemudian kita melakukan perubahan (DTKS) setiap bulan. Jadi setiap bulan, saya membuat SK baru,” ucap Tri Rismaharini, Menteri Sosial RI.

Cara Cek Penerima BLT BBM 2022

BLT BBM 600 ribu tidak diberikan kepada semua orang. BLT ini diperuntukkan bagi golongan masyarakat miskin atau kurang mampu.  Penerima BLT ini ditetapkan dalam DTKS Kemensos. 

Cara mengecek terdaftar atau tidaknya sebagai penerima BLT BBM sebagai berikut:

- Masuk website https://cekbansos.kemensos.go.id. 

- Isikan data provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa/kelurahan pada kolom yang tersedia. 

- Isikan nama penerima manfaat (PM) sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP).

- Ketik 8 huruf "kode challenge" yang tertera dalam kotak. 

- Klik "cari data". Jika sudah, sistem akan otomatis memunculkan informasi data PM yang bersangkutan. 

Cara Cek Penerima BSU 2022 Tahap 1 

BSU untuk pekerja dikirimkan langsung melalui transfer rekening penerima. Para penerima BSU tahap pertama telah diseleksi oleh Kemenaker. Untuk melihat status penerima BSU, para pekerja dapat melakukan pengecekan melalui situs Kemnaker.

Berikut ini caranya: 

  • Masuk ke website https://www.kemnaker.go.id. 
  • Silakan mendaftar Akun Apabila belum punya akun
  • Lakukan pendaftaran dan lengkapi data akun
  • Aktivasi akun dengan menggunakan kode OTP yang dikirimkan ke nomor ponsel 
  • Login ke akun akun 
  • Lengkapi profil dengan menggungah foto profil, isi tentang Anda, pilih status pernikahan dan tipe lokasi
  • Jika sudah, silakan cek notifikasi yang memberitahukan tiga hal berikut: Terdaftar, Ditetapkan, atau Tersalurkan ke Rekening Anda.

Itulah penyaluran bansos BLT BBM Rp300 ribu dari pemerintah kepada masyarakat miskin atau kurang mampu. Bagi masyarakat yang merasa memenuhi syarat sebagai penerima, silakan mengeceknya dengan langka-langkah di atas. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.