Banjir Rob Terjang Kawasan Wisata Pantai Sayang Heulang Garut, Penginapan dan Permukiman Aman
Kawasan Pantai Sayang Heulang di Kabupaten Garut, Jawa Barat beberapa waktu lalu. (ANTARA/Feri Purnama)

Bagikan:

GARUT - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Jawa Barat, mengimbau masyarakat mewaspadai banjir rob yang menerjang kawasan wisata di wilayah selatan daerah itu.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut Satria Budi mengatakan, gelombang tinggi lautan itu menyebabkan banjir rob masuk sekitar daratan seperti menerjang kawasan wisata Pantai Sayang Heulang.

"Ada gelombang tinggi di Sayang Heulang, namun tidak berdampak parah dan tidak ada korban jiwa," kata Satria dikutip ANTARA, Selasa, 30 Agustus.

Menurut dia, banjir rob itu menyebabkan kerusakan pada saung yang berada di sekitar pantai.

Meski gelombang laut sedang berbahaya, kata Satria, kawasan wisata tidak ditutup, hanya tetap diberi peringatan agar selalu waspada dan hati-hati saat berada di pantai.

"Wisata masih berjalan, namun kami imbau hati-hati," katanya.

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Air dan Udara Polres Garut, AKP Adnan Muttaqien menambahkan, gelombang laut di pantai selatan Garut sedang tinggi dan terus dipantau perkembangannya.

Meski gelombang tinggi, situasi sambung AKP Adnan tetap aman terkendali, luapan air tidak sampai masuk ke kawasan penginapan di daerah itu.

"Air tidak sampai masuk ke area penginapan, hanya cipratan saja, perumahan-perumahan warga juga aman," katanya.