Bagikan:

JAKARTA - Para penumpang Air France rute Jenewa-Paris pada bulan Juni lalu mungkin tak tahu apa yang terjadi di kokpit pesawat. Pilot dan co-pilot Air France ternyata sedang berkelahi.

Dikutip dari Al Jazeera, Senin 29 Agustus, beruntung tidak ada efek dari keributan itu. Penerbangan berlanjut dan bisa mendarat dengan selamat.

Perselisihan itu tidak memengaruhi sisa penerbangan karena mereka masih komitmen dengan keselamatan.

Buntutnya, Air France akhirnya menangguhkan awak kapal mereka.

Menurut sebuah laporan oleh harian French La Tribune, pilot dan co-pilot berselisih tak lama setelah lepas landas. Mereka saling mencengkeram kerah mereka setelah salah satu tampaknya menabrak yang lain.

Awak kabin kemudian turun tangan dan satu anggota awak menghabiskan penerbangan di kokpit bersama pilot, kata laporan itu.

Berita pertarungan itu muncul setelah badan investigasi udara Prancis, BEA, mengeluarkan laporan pada Rabu 24 Agustus yang mengatakan beberapa pilot Air France kurang teliti dalam menghormati protokol keselamatan.

Maskapai ini mencatat bahwa mereka menerbangkan ribuan penerbangan setiap hari dan laporan tersebut hanya menyebutkan empat insiden keselamatan seperti itu.

Serikat pilot Air France bersikeras bahwa keamanan adalah yang terpenting bagi semua pilot dan membela tindakan pilot selama situasi darurat.