Bagikan:

JAKARTA - Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra memanggil pilot dan kopilot maskapainya yang kedapatan foto pose tiga jari dengan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD.

Foto tersebut juga diunggah Mahfud MD dalam akun media sosial Instagram miliknya @mohmahfudmd pada Kamis, 16 November 2023. Unggahan tersebut mendapatkan komentar sebanyak 1.288.

Aksi ini menjadi sorotan manajemen karena karyawan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tidak boleh menjadi pendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden di Pemilu 2024.

“Kami juga telah memanggil awak penerbang tersebut untuk menjelaskan kejadian tersebut serta melakukan pembinaan termasuk terkait dengan aspek prosedur keselamatan penerbangan, sesuai ketentuan kepegawaian yang berlaku,” katanya kepada VOI, di Jakarta, Jumat, 17 November.

Mahfud MD berfoto bersama pilot Garuda Indonesia. (Instagram @mahfudmd)
Mahfud MD berfoto bersama pilot Garuda Indonesia. (Instagram @mahfudmd)

Irfan juga mengatakan pemanggilan pilot dan kopilot ini untuk mengingatkan kepada karyawan pentingnya menjaga netralitas di masa-masa pemilu saat ini.

“Hal tersebut tentunya menjadi perhatian kami di Garuda. Kedepannya kami akan kembali mengingatkan kepada seluruh karyawan tentang pentingnya menjaga semangat netralitas, utamanya pada masa-masa sekarang ini,” ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, penerbangan calon wakil presiden dari paslon nomor urut 3, Mahfud MD, meninggalkan cerita seru. Mahfud diajak foto oleh pilot di kokpit pesawat. Awalnya Mahfud diajak ngobrol pilot pesawat maskapai Garuda Indonesia yang ditumpanginya. Obrolan di atas langit Sumatera itu kemudian berganti ajakan foto bersama.

“Nomor 3 di Ketinggian. Lagi asik-asiknya menikmati penerbangan Garuda di atas langit Sumatera tadi, tiba-tiba saya dihampiri pilot pesawat yang saya tumpangi. Capt Widiyatno mengajak ngobrol sebentar, lalu menawari foto bersama di kokpit,” tulis Mahfud dalam akun Instagramnya, @mohmahfudmd, dikutip Jumat 17 November.

Pengalaman itu tentu tidak dilewatkan begitu saja oleh Menko Polhukam tersebut. Ajakan pilot foto bersama di kokpit pesawat disetujuinya.

“Wah senangnya saya,” imbuhnya.

Foto dalam kesan gembira, Mahfud tak lupa berpose salam tiga jari. Para pilot pun tak ingin ketinggalan memamerkan tiga jari ala salam metal PDI Perjuangan (PDIP).

“Kami berfoto dengn senyum masing-masing, tak ketinggalan pula salam #TigaJari dari kami semua. Terimah kasih, Capt Widi dan Co-pilot Dirga,” kata Mahfud.