Bukan Hasil yang Diharapkan dari 3 Hari Pencarian Warga Terbawa Arus Deras Sungai Batang
Foto via Antara

Bagikan:

JAKARTA - Tim Basarnas Jambi sekitar pukul 13.00 WIB tadi, menemukan jasad pria yang hanyut terbawa arus deras Sungai Batang Asai Kabupaten Sarolangun. Ini hasil setelah pencarian selama tiga hari.

Kepala Basarnas Jambi Kornelis mengatakan, jasad pria bernama Husni (40) terseret arus deras sungai Batang Hari pada Selasa 23 Agustus kemarin. Dia ditemukan tim SAR sejauh 300 meter dari lokasi korban terakhir terlihat saat menyeberangi sungai itu dengan memegang jerigen kosong.

Setelah memasuki hari ketiga pencarian, Husni (40) ditemukan sejauh 300 meter dari lokasi kejadian dalam kondisi meninggal oleh tim SAR Basarnas dan gabungan dari Rescue Pos SAR Bungo, TNI, Polri , BPBD, Damkar Sarolangun, PMI, dan masyarakat.

"Korban langsung dibawa ke rumah duka," kata Kornelis, Jumat 26 Agustus dilansir dari Antara.

Kendala yang dihadapi Tim SAR gabungan pada saat operasi pencarian korban adalah arus sungai yang sangat deras dan terdapat banyak ranting, sehingga cukup menyulitkan.

Korban Husni dilaporkan tenggelam di Sungai Batang Asai, Desa Kampung 7, Kecamatan Cermin Nan Gedang, Kabupaten Sarolangun, pukul 13.00 WIB pada 24 Agustus 2022, ketika ia hendak menyeberangi sungai menggunakan jerigen, tetapi pada saat berada di tengah sungai, jerigen yang dia gunakan terlepas dan korban terbawa arus sungai.

Tim Rescue Pos SAR Bungo menuju lokasi yang berjarak kurang Lebih 152 km atau sekitar tiga jam perjalanan dan berangkat menggunakan Rescue Truck dan peralatan, seperti Rubber Boat, Water Rescue, peralatan Komunikasi, medis, dan APD personal.