Deteksi 14 Titik Panas di Kaltim Hari Ini, BMKG Minta BPBD Tindaklanjuti Cegah Karhutla
Ilustrasi pemadaman kebakaran hutan dan lahan atau karhutla. (Antara)

Bagikan:

BALIKPAPAN - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui stasiun di Balikpapan mendeteksi adanya 14 titik panas tersebar di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Prakirawan Stasiun Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Kota Balikpapan, Idham Chalid meminta pihak berwenang menindaklanjuti temuan BMKG itu dengan melakukan penanganan.

"Sebanyak 14 titik panas tersebut terpantau sepanjang Sabtu kemarin mulai pukul 01.00 wita hingga pukul 24.00 wita," ujar dia di Balikpapan, Kaltim, dikutip dari Antara, Jumat 26 Agustus.

Sebaran 14 titik panas tersebut telah dilaporkan BMKG ke pihak terkait, terutama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat Provinsi Kaltim maupun kabupaten setempat.

Sehari sebelumnya, BMKG juga mendeteksi adanya 21 titik panas yang tersebar pada lima kabupaten. Informasi itu juga dilaporkan ke pihak terkait hingga akhirnya titik panas tersebut sudah hilang.

Sedangkan 14 titik panas yang terpantau hari ini dan tersebar pada dua kabupaten, merupakan titik panas yang berada di lokasi berbeda, meskipun masih ada yang dalam kabupaten yang sama.

Adapun dua kabupaten yang terdeteksi 14 titik panas tersebut adalah di Kabupaten Kutai Timur terdapat 10 titik panas, kemudian Kabupaten Kutai Kartanegara terdeteksi 4 titik panas.

Rinciannya adalah, untuk 10 titik panas yang di Kutai Timur tersebar pada empat kecamatan, yakni Kecamatan Bengalon ada dua titik, Kecamatan Kaubun satu titik, Kecamatan Muara Ancalong lima titik, dan Kecamatan Sangatta Utara ada dua titik panas.

"Kemudian empat titik panas yang terdeteksi di Kabupaten Kutai Kartanegara tersebar pada dua kecamatan, yakni satu titik di Kecamatan Loa Janan dan tiga titik panas terdeteksi di Kecamatan Loa Kulu," kata Idham.