Iran Gelar Latihan Drone Skala Besar: Diikuti 150 Unit, Uji Kemampuan Tempur hingga Akurasi Senjata
Ilustrasi drone Shahed 121 (kiri) dan Shahed 129 beserta bom berpemandu Sadid 345 milik Iran. (Wikimedia Commons/Fars Media Corporation/Meysan Mah'abadi)

Bagikan:

JAKARTA - Iran meluncurkan latihan drone skala besar pada Hari Rabu, bertujuan untuk melakukan serangkaian pengujian terhadap berbagai kemampuan yang dimiliki drone besutan dalam negeri.

Wakil Komandan Angkatan Bersenjata Iran Bidang Koordinasi Laksamana Habibollah Sayyari mengatakan, kemampuan yang akan diuji dan dievaluasi kali ini di antaranya, akurasi dan kekuatan senjata, kemampuan sistem bimbingan dan kontrol, hingga kemampuan tempur.

"Ini adalah pertama kalinya latihan drone bersama dilakukan di tingkat empat pasukan Angkatan Bersenjata Republik Islam Iran dan pangkalan pertahanan udara bersama negara," jelasnya, dikutip dari Farsnews 25 Agustus.

Laksamana Sayyari melanjutkan, ini hanya bagian dari kekuatan drone Angkatan Bersenjata Iran, yang melakukan operasi di berbagai misi pengintaian, pengawasan dan pertempuran. Latihan kali ini diikuti oleh 150 unit drone baru dan canggih.

Ditambahkannya, latihan tersebut mencakup semua wilayah di Iran, dari Teluk Persia dan Laut Oman di Selatan, hingga bagian Utara dan Tengah negara itu.

Diketahui, pakar dan teknisi militer Iran telah membuat kemajuan besar beberapa tahun terakhir, dalam pembuatan berbagai peralatan dalam negeri, membuat angkatan bersenjata mandiri di bidang senjata.

April lalu, Iran meluncurkan sejumlah drone baru dan rudal buatan dalam negeri, saat parade Hari Tentara Nasional.

Salah satu pencapaian utama yang dipamerkan selama parade adalah generasi baru kendaraan udara tak berawak multirole Ababil, bernama Ababil-5.

Angkatan Bersenjata Iran juga meluncurkan rudal permukaan-ke-permukaan Fath 360 dan Labeik, serta sistem pertahanan udara Dezful dan Majid.