Lokasi Kebakaran di Simprug Ternyata Zona Hijau, Wagub DKI Sebut Permukiman Warga Bakal Dipindahkan
Wagub DKI Jakarta Riza Patria/FOTO: Diah Ayu-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut Pemprov DKI akan memindahkan tempat tinggal warga yang terdampak kebakaran di Simprug Golf, Jakarta Selatan, ke lokasi lain.

Warga yang sebelumnya tinggal di kawasan tersebut, lanjut Riza, akan direlokasi ke rumah susun sederhana sewa (rusunawa) milik pemerintah.

"Solusi itu akan kita carikan. Yang pasti kita terus melakukan pembangunan rusunawa, dan korban banjir kebakaran itu menjadi prioritas. Nanti dilihat stoknya (rusunawa untuk relokasi) ada di mana," kata Riza di gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu, 24 Agustus.

Riza menuturkan, kawasan permukiman padat yang habis dilalap api tersebut merupakan zona hijau yang semestinya dibangun ruang terbuka hijau (RTH). Karena itu, pemukiman warga tidak akan dibangun kembali di lokasi itu.

Apalagi saat ini Jakarta masih kekurangan lahan untuk dibangun kawasan hijau. Sebagaimana diketahui, luas zona hijau di Jakarta masih 9 persen dari capaian yang seharusnya 30 persen.

"Di Jakarta ini masih ada zona-zona hijau atau tempat-tempat umum yang tidak seharusnya diperuntukan perumahan tetapi diisi. Memang itu menjadi PR kita bersama, untuk memastikan kehadiran RTH termasuk zona hijau," ujar dia.

Diketahui sebelumnya, kebakaran melanda permukiman penduduk Jalan Simprug Golf 2, RT 04/08, Kelurahan Grogol Selatan, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Minggu, 21 Agustus.

Sebanyak 120 keluarga terdampak kebakaran yang melanda wilayah. Seorang warga berusia 48 tahun meninggal dunia saat mengetahui kebakaran tersebut.