Gadai Mobil Kredit Tanpa Izin, Nasabah Suzuki Finance Dipenjara 1,5 Tahun
Ilustrasi penjara. (Pixabay)

Bagikan:

TEGAL - Pengadilan Negeri (PN) Tegal menjatuhkan hukuman 1,5 tahun penjara kepada nasabah PT Suzuki Finance Indonesia Cabang Tegal bernama Ranto.

Warga Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal itu menggadaikan mobil tanpa izin dari perusahaan pembiayaan tersebut sebagai pemberi fidusia.

Mengutip laman https://putusan3.mahkamahagung.go.id, dikutip dari Antara, Hakim Ketua PN Tegal Sudira juga menjatuhkan hukuman denda sebesar Rp5 juta kepada Ranto. Jika tidak dibayarkan, akan diganti dengan kurungan selama 3 bulan.

Hakim menyatakan bahwa terdakwa terbukti bersalah melanggar Pasal 36 Undang-Undang Nomor 42 Tahun 1999 tentang Fidusia.

"Menyatakan terdakwa terbukti bersalah bersalah melakukan tindak pidana fidusia, mengalihkan objek tanpa izin tertulis," kata hakim dalam amar putusannya.

Tindak pidana fidusia tersebut bermula ketika terdakwa mengajukan pembelian mobil Suzuki Ertiga pada tahun 2018 dengan sistem mengangsur melalui PT Suzuki Finance Indonesia Cabang Tegal.

Dalam pembelian tersebut, disepakati angsuran sebesar Rp5,3 juta untuk 48 kali pembayaran.

Namun, pada tahun 2019, terdakwa menggadaikan mobil yang masih belum lunas angsurannya itu tanpa meminta izin kepada PT Suzuki Finance Indonesia selaku pemberi fidusia.

Setelah beralih kepemilikan, berdasarkan laporan Antara, terdakwa diketahui sudah tidak melanjutkan pembayaran angsuran.

Akibat perbuatan terdakwa, PT Suzuki Finance Indonesia dirugikan hingga Rp174,9 juta.

Sementara itu, kuasa hukum PT Suzuki Finance Indonesia, Daniel Hari Purnomo, mengatakan bahwa kasus ini menjadi pelajaran bagi para debitur perusahaan pembiayaan untuk tidak dengan mudah mengalihkan objek fidusia tanpa izin.

"Kepada debitur yang bermasalah jangan sampai terjadi hal-hal demikian," katanya.

Menurut dia, Suzuki Finance juga masih memungkinkan untuk mengajukan gugatan perdata guna mengembalikan kerugian yang terjadi.