Ibu Negara Iriana Jokowi: Sekarang Waktu yang Tepat untuk Kaum Muda Berwirausaha
Ibu Negara, Iriana Joko Widodo. (Foto: Bank Indonesia)

Bagikan:

JAKARTA - Ibu Negara, Iriana Joko Widodo (Jokowi) mengatakan masa pandemi COVID-19 adalah waktu yang tepat bagi anak muda untuk ikut membangun dan memajukan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Peluang ini, harus dimanfaatkan dengan baik. Salah satunya dengan melakukan digitalisasi UMKM.

Iriana menjelaskan, dengan digitalisasi UMKM semakin cepat dikenal oleh dunia Internasional. Dengan demikian, UMKM Indonesia akan semakin maju dan naik kelas. Apalagi, saat pandemi COVID-19 ini semakin banyak UMKM yang muncul dengan berbagai inovasi dan kreativitasnya.

"Sekarang adalah waktu yang sangat tepat untuk kaum muda Indonesia untuk menjadi wirausaha, untuk membangun dan membesarkan UMKM. Membantu menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat, juga mendorong perekokomian agar kita kembali bergerak," katanya, dalam acara Pembukaan Karya Kreatif Indonesia sesi III, Jumat, 20 November.

Saat ini, kata Iriana, UMKM semakin pesat dan beragam, perkembangan yang baik ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Caranya dengan mulai menyiapkan, menyesuaikan hingga memperbaiki kualitas produk UMKM sehingga sesuai dengan kebutuhan pasar global.

"Kita harus segera menyesuaikan dan menyiapkan diri untuk memperbaiki kualitas produk branding, packing, pelayanan dan juga harga. Agar tidak kalah bersaing dengan produk-produk dari negara lain," jelasnya.

Selain itu, kata Iriana, penggunaan platform digital seperti sosial media dinilai sangat perlu dimanfaatkan untuk mempromosikan produk-produk UMKM.

"Pemanfaatan platform digital sangat menjanjikan karena anak-anak Indonesia jumlahnya sangat-sangat besar. Mereka sudah terbiasa dengan teknologi sehingga cepat beradaptasi. Jaringan pertemanan mereka juga sangat luas, yang dijaring melalui interaksi media sosial," ucapnya.

Pemerintah, kata Iriana, juga sangat mendukung dengan memberi kemudahan bagi anak muda yang ingin membangun UMKM. Karena itu, ia meminta agar anak muda tidak perlu takut memulai usahanya jika memiliki ide yang kreatif.

"Kita dorong dan ciptakan budaya wirausahawan di kalangan anak-anak muda sebagai kekuatan perekonomian baru yang siap go global atau mendunia, membawa nama produk-produk Indonesia untuk semakin diminati oleh pasar internasional," katanya.