Tiga Peristiwa Kebakaran Melanda Tiga Wilayah DKI Jakarta, 1 Orang Meninggal Dunia
Resort Putri Duyung Ancol yang terbakar seharusnya sudah lama direnovasi, tetapi terkendala pandemi COVID-19. (Istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - Tiga peristiwa kebakaran terjadi di tiga wilayah DKI Jakarta pada hari Minggu, 21 Agustus. Kebakaran terjadi di wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Utara dan Jakarta Timur.

Dari tiga peristiwa tersebut, kebakaran yang terjadi di wilayah Jakarta Selatan terdapat satu korban jiwa akibat kebakaran.

Peristiwa kebakaran pertama terjadi di satu RT kawasan permukiman penduduk di Jalan Simprug Golf 2, RT 04/08, Kelurahan Grogol Selatan, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Kebakaran diperkirakan terjadi pada Minggu, 21 Agustus, pukul 11.00 WIB.

Proses pemadaman api di kawasan ini cukup sulit karena terkendala sumber air.

Menurut laporan Lurah Grogol Selatan, Andi, akibat kebakaran, sebanyak 120 Kepala Keluarga (KK) terdampak dan terpaksa mengungsi.

"Iya (rumah yang terbakar) sebagian pemanen dan semi permanen, campur," ujarnya kepada wartawan, Minggu, 21 Agustus.

Lurah mengatakan, pihaknya mengetahui adanya korban meninggal, namun penyebabnya karena kaget alami jantung, bukan terbakar api.

Meski demikian, kebakaran itu masih dalam penyelidikan Polsek Kebayoran Lama. Petugas juga belum dapat menyimpulkan asal penyebab titik api.

Caption

Hotel Paus Ancol Terbakar

Kemudian peristiwa kebakaran terjadi di sebuah resort area Putri Duyung Cottage, Jalan Lodan Timur, Ancol, Jakarta Utara pada Minggu, 21 Agustus, sekitar pukul 17.13 WIB.

Komisaris Ancol, Geisz Chalifah mengatakan, peristiwa kebakaran yang terjadi di cottage kawasan Duyung Cottage, Ancol, Jakarta Utara masih dalam penyelidikan.

"Iya itu memang terjadi kebakaran di Hotel Paus, tapi secara kronologisnya kita belum tahu seperti apa ini masih dalam penelitian," ujar Geisz saat dihubungi, Minggu, 21 Agustus.

Geisz mengatakan, Cottage yang terbakar tersebut merupakan hotel tua dan seharusnya sudah lama ingin direnovasi, namun terhalang dengan pandemi COVID-19.

"Karena memang Cottage ini Cottage tua yang harusnya direhab dari tahun kemarin, sudah dalam proses perencanaan yang belum tepat, karena keburu pandemi," katanya.

Kobaran api berhasil dilokalisir pukul 17.33 WIB dan pendinginan pukul 18.15 WIB oleh 12 mobil damkar. Kasusnya masih dalam penyelidikan petugas.

Kompor Portabel Meledak, Rumah Warga Terbakar

Selanjutnya peristiwa kebakaran terakhir terjadi di kawasan Jakarta Timur. Di kawasan ini, kebakaran hanya melanda satu rumah warga di Jalan Mayang, 3E, Rat 06/07, Kelurahan Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Minggu, 21 Agustus, malam.

Dugaan sementara, api berasal dari kompor portable di dapur rumah tersebut.

Kasiop Sudin Gulkarmat Jakarta Timur Gatot Sulaeman mengatakan, objek yang terbakar hanya bagian dapur rumah salah satu warga di kawasan Duren Sawit.

"Kami terima laporan pukul 20.13 WIB dari salah satu warga. Kami kerahkan 3 unit mobil pemadam dengan 10 personel petugas," ujarnya kepada wartawan, Minggu, 21 Agustus, malam.

Petugas tiba di lokasi pukul 20.20 WIB dan langsung melakukan proses pemadaman api. Kebakaran api berhasil dilokalisir pukul 20.30 WIB. Setelah proses pemadaman selesai, petugas pun kembali melakukan pendinginan pukuL 20.35 WIB.

"Pemadaman berakhir pukul 20.45 WIB. Objek yang terbakar dapur rumah milik Pak Dias. Penyebab kebakaran dari kompor portable di rumah itu," ucapnya.

Dari hasil inventarisir, luas objek yang terbakar hanya berukuran 2x 3 meter persegi. Kerugian ditaksir Rp5 juta akibat kebakaran itu.

"Kebakaran baru diketahui oleh pemilik rumah ketika pemilik turun dari lantai atas, dia melihat api sudah besar di ruangan dapur," ujarnya.