AHY Puji Almarhum Hermanto Dardak Sosok yang Sumbangkan Pemikiran Terbaik untuk Indonesia
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (foto: dok. antara)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan mantan Wakil Menteri Pekerjaan Umum Periode 2010-2014 Achmad Hermanto Dardak merupakan sosok yang terus menyumbangkan pemikiran terbaiknya untuk membangun Indonesia.

"Sampai akhir hayatnya, beliau terus menyumbangkan pemikiran terbaiknya untuk membangun negeri," kata AHY kepada wartawan saat melayat ke Rumah Duka Hermanto Dardak di Jakarta, Sabtu, 20 Agustus.

Dia menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya atas wafatnya Hermanto Dardak yang juga ayah Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak.

AHY memanjatkan doa terbaik agar Hermanto Dardak wafat dalam keadaan husnulkatimah, diampuni segala dosa, salah, kekhilafannya, dan ditempatkan di sisi terbaik oleh Allah SWT.

AHY mengenang Hermanto Dardak sebagai sosok yang sangat baik. Bahkan, kata AHY, saat menjabat sebagai Wakil Menteri (Wamen) Pekerjaan Umum pada masa Pemerintahan Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu, Hermanto bekerja dari pagi, siang, hingga malam untuk Indonesia.

"Beliau mengemban amanah yang penting dan strategis sebagai Wamen di bawah Pak SBY yang tentunya sama-sama bekerja pagi, siang, dan malam," kata AHY yang didampingi oleh istrinya Annisa Larasati Pohan serta Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan.

Oleh karena itu, dia mengatakan seluruh pihak patut meneladani segala pengabdian dan perjuangan Hermanto Dardak.

"Tadi, kami juga sempat menyampaikan salam duka ini pada Ibu Hermanto beserta putra-putri beliau, terkhusus Mas Emil Dardak, Wagub Jatim, yang menjadi putra kebanggaan beliau. Tadi saya bisikkan, tentunya semua ini bisa dilalui dengan baik, masa-masa sulit, tetapi insyaallah napas perjuangan dan warisan yang ditinggalkan akan abadi selamanya," ucap AHY, seperti dikutip Antara.

Sebelumnya, Kepala Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur Moh. Ali Kuncoro mengatakan bahwa menurut informasi yang dihimpun  pemerintah provinsi, Hermanto Dardak mengalami kecelakaan lalu lintas, Sabtu, 20 Agustus 2022, sekitar pukul 03.25 WIB, di Ruas Tol Pemalang Batang KM 341+400 arah Jakarta.

Dia menyampaikan mobil Innova bernomor polisi B-2739-UFZ yang ditumpangi Hermanto terlibat kecelakaan dengan truk bernomor polisi K-1909-BH.

"Pak Hermanto langsung dibawa ke rumah sakit, tetapi nyawa beliau tidak bisa diselamatkan, sedangkan pengemudi mengalami luka dan sekarang mendapatkan perawatan di rumah sakit," kata Kuncoro.