Bagikan:

JAKARTA - Panitia pelaksana Maulid Nabi dan pernikahan anak Rizieq Shihab, Haris Ubaidillah selesai diminta klarifikasi Subdit I Kamneg Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

Kepada polisi, Haris mengaku panitia sebenarnya telah mengimbau massa yang hadir di Petaburan pada Sabtu, 14 November, untuk menjaga protokol kesehatan.

"Saat acara itu, mulai dari MC, penjaga acara, semuanya menyerukan untuk menjaga jarak. Saat itu jumlah massa di luar perkiraan kita. makanya kita serukan," kata Haris di Polda Metro Jaya, Kamis, 19 November dini hari.

Dalam pemeriksaan, Haris ditemani oleh sekretaris bantuan hukum DPP Front Pembela Islam (FPI), Aziz Yanuar. Melanjutkan, Aziz menyebut awalnya FPI menutup jalan KS Tubun, Petamburan dengan harapan gerombolan massa bisa terurai di sepanjang jalan.

Selain itu, pelantang suara juga di letakkan di sepanjang jalan. Sayangnya, massa yang membeludak tak bisa dihindarkan. Sehingga, panitia acara tak ada daya untuk memaksa massa menjaga jarak.

"Kita sudah siapkan jalan yang panjang dari ujung petamburan tuh dengan harapan masyarakat bisa dari ujung-ujung aja, tidak perlu sampai berdesak-desakan. Toanya sudah sampai ke ujung," ungkap Aziz.

"Tapi, memang masa membludak. Itu force majeure (di luar kemampuan) kita karena enggak bisa memperkirakan sampai segitu banyak. Lagi pula, enggak mungkin kan kita tutup sampai (Jalan) Gatot Subroto," lanjutnya.

Sebagai informasi, Penyelidik Kemanan Negara (Kamneg) Polda Metro Jaya kembali menjadwalkan pemeriksaan saksi terkait dugaan pelanggaran protokol kesehatan di acara pernikahan putri Rizieq Shihab, Najwa Shihab. Dalam rencana pemeriksaan hari ini, penyelidik akan memeriksa panita pernikahan dan tamu undangan.

Pemeriksaan terhadap panitia penyelenggara acara Maulid Nabi tersebut berlangsung selama lebih dari 12 jam. Tim penyelidik melontarkan 37 pertanyaan.

"Kebanyakan sih mengenai protokol kesehatan yang diterapkan di tempat acara, lalu siapa siapa yang bertanggungjawab di acara tersebut, kemudian juga mengenai susunan panggung dan proaedur sebelum acara itu dimulai poinnya itu sih ya," ujar Aziz.

Dalam pemeriksan itu, dijelaskan juga jika rangkaian acara lebih kepada perayaan Maulid Nabi. Tapi memang disisipkan akad nikah Najwa Shihab. Dengan alasan itulah masyarakat yang hendak berpatisipasi dalam acara Maulid Nabi terus berdatangan. Sehingga memadati kawasan Petamburan.