Soal Janji Politik di Ujung Masa Jabatan, Anies Baswedan: Tahu-tahu Nanti Selesai
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Diah Ayu/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyinggung soal janji politik yang ia gaungkan sejak kampanye Pilkada DKI 2017 hingga terpilih menjadi Gubernur DKI sampai saat ini.

Jelang masa jabatannya berakhir dua bulan lagi, Anies mengklaim janji-janji politiknya tuntas satu per satu. Salah satunya adalah penyediaan hunian dalam peresmian 12 rumah susun sederhana sewa (rusunawa) pada hari ini.

"Alhamdulillah satu-satu tuntas, dan (peresmian rusunawa) inilah salah satunya," kata Anies dalam peresmian 12 rusunawa di Rusunawa Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis, 18 Agustus.

Dalam menunaikan janji kampanyenya, Anies menguraikan sejumlah proses, mulai dari tertuangnya janji dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD), kemudian diturunkan melalui kegiatan strategis daerah (KSD).

Selanjutnya, kegiatan tersebut diinstruksikan kepada tiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD) untuk dieksekusi hingga monitoring-evaluasi.

"Sistem monitoring ini dievaluasi secara rutin, ada yg dua mingguan, ada satu bulanan, tergantung jenisnya," ucap Anies.

Anies mengklaim, bentuk kerja teknokrasi seperti ini dilakukan secara konsisten dan serius. Sehingga, rencana-rencana pembangunan yang ia gagas dalam janji politiknya bisa tereksekusi.

"Di sini lah proses yang tidak terlihat. Tahu-tahu nanti sudah jadi barangnya, tahu-tahu sudah selesai. Dengan begitu, harapannya apa yang sudah dijanjikan, direncanakan, nanti tereksekusi. Dan kita bersyukur satu demi satu kita lihat tanda-tandanya, salah satunya ini," ujar Anies.

Sebagai informasi, pada hari Anies meresmikan 12 rumah susun sederhana sewa (rusunawa) yang tersebar di 4 kota administratif DKI Jakarta. Terdapat 33 tower dengan 7.421 unit rumah dalam 12 rusunawa ini.

Dalam peresmian secara simbolis di Rusunawa Penjaringan, Jakarta Utara, Anies menyatakan bahwa hal ini merupakan rekor pembangunan rusunawa yang terbanyak selama lima tahun terakhir.

"Ada 33 tower yang dibangun dalam periode 2018-2022, ini bisa dikatakan rekor kerja yang luar biasa. Kita boleh tepuk tangan untuk yang bekerja di sini. Mereka bekerja dalam sunyi, tidak terlihat," ujar Anies.

Anies mengungkapkan, pembangunan rusunawa masuk dalam salah satu janji politiknya saat menjadi Gubernur DKI Jakarta, yakni memfasilitasi hunian bagi masyarakat di Jakarta.

"Ini semua kami kerjakan, kenapa? Karena kami memiliki janji politik. Janji politik itu adalah mengembangkan memfasilitasi, menyiapkan fasilitas rumah, rusun, termasuk rusunawa kepada seluruh wagra dan memiliki kases yang setara," urai dia.