Pemkab Bogor Tangani Banjir di 3 Perumahan Cibinong
Banjir di Kelurahan Pakansari Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. ANTARA/M Fikri Setiawan

Bagikan:

CIBINONG - Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, melakukan penanganan banjir di tiga perumahan yang berlokasi di Kecamatan Cibinong, dengan menyedot air yang tergenang menggunakan mesin pompa.

"Untuk jangka pendeknya misalkan di Perumahan Mutiara Hijau Residence itu yakni dengan membersihkan sampah di drainase yang berada di depan Hotel Sayaga, lalu menyedot air di lahan hotel dan perumahan," ungkap Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Bogor, Nuradi saat memimpin penanganan banjir dilansir ANTARA, Rabu, 17 Agustus.

Menurutnya, penanganan banjir ini melibatkan berbagai instansi seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), serta Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar).

Nuradi menyebutkan, penanganan yang dilakukan tidak hanya jangka pendek, melainkan juga dibahas secara intens melalui rapat bersama antar perangkat daerah.

“Bersama PUPR dan DPKPP kami juga akan membangun tanggul dan sumur resensi, kami sedang mencari solusi sumber anggarannya,” terang Nuradi.

Air dengan ketinggian sekitar 120 centimeter sejak Senin (15/8) itu mulai surut pada Selasa malam setelah dilakukan penanganan bersama.

Sebelumnya, tiga perumahan di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, yakni Nirwana Golden Park, Mutiara Hijau Residence dan Grand Cibinong, terendam banjir seharian, akibat adanya penyumbatan gorong-gorong.

"Jadi ada gorong-gorong tersumbat. Ada sampah dan juga dari material pembangunan hotel. Ini sedang dibersihkan. Karena kondisi sudah mendung lagi dikhawatirkan banjir menjadi berkepanjangan," ungkap Camat Cibinong, Rusliandy di Bogor, Selasa.

Air dengan tinggi sekitar 120 centimeter itu merendam puluhan rumah yang lokasinya tak jauh dari bangunan Hotel Sayaga. Hotel tersebut sedang dalam tahap pembangunan oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Bogor, PT Sayaga Wisata.