Bupati Bogor Resmikan Enam Taman Sekaligus
FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

SENTUL - Bupati Bogor Ade Yasin meresmikan enam taman yang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat, menggunakan anggaran daerah pada tahun 2021.

"Alhamdulillah, terlaksana dengan baik, banyak halangan dan rintangan sudah kita lewati," katanya dalam sambutan peresmian enam taman secara simbolis di Taman Tugu Pancakarsa, Sentul, Bogor dilansir Antara, Senin, 27 Desember malam.

Enam taman tersebut yaitu Taman Perubahan Bojonggede, Taman Tematik Jasinga, Alun-alun Lewiliang, Taman Tematik Klapanunggal, Alun-alun Cariu, dan Taman Tugu Pancakarsa.

Ade Yasin menyebutkan meski enam taman tersebut sudah diresmikan, tapi belum dibuka untuk umum selama libur Natal dan tahun baru sesuai aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat yang berlaku sejak 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022.

Bupati Bogor Ade Yasin

Selain itu, tahun ini Pemkab Bogor menggunakan anggaran daerah senilai Rp356,5 miliar untuk program mempercantik wajah ibu kota atau City Beautification Project meliputi pembangunan Tugu Pancakarsa, pedestrian, peningkatan kualitas jalan, hingga pengadaan tempat sampah di Kawasan Cibinong Raya.

"Kita akan selesaikan satu per satu karena keterbatasan anggaran, jadi bertahap. Kami memang ingin menunjukkan wajah Cibinong yang ramah, bersih dan indah," kata Ade Yasin.

Penggunaan anggaran tersebut tersebar di empat perangkat daerah, yaitu Rp328 miliar pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Rp21 miliar pada Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, Rp437 juta pada Dinas Lingkungan Hidup, dan Rp7,3 miliar pada Dinas Perhubungan.

Sementara, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor, Ajat Rohmat Jatnika menyebutkan bahwa enam taman dan alun-alun yang diresmikan tersebut merupakan hanya sebagian dari pekerjaan di tahun 2021.

Pasalnya di tahun yang sama, Pemkab Bogor juga telah meresmikan beberapa taman, seperti Alun-alun Cirimekar Cibinong, dan sebagian belum diresmikan seperti Taman Inspirasi di area DPRD Kabupaten Bogor.

Ajat memastikan bahwa masyarakat bisa mengunjungi taman-taman milik Pemkab Bogor ketika aturan PPKM sudah membolehkan taman dibuka untuk umum.

"Hari ini hanya diresmikan, bukan dibuka. Jadi tidak dibuka untuk ditutup. Nantinya, masyarakat warga manapun boleh berkunjung karena fasilitas umum tidak terbatas wilayah administratif," kata Ajat.