106 Rumah Warga Korban Kebakaran Pasar Gembrong Rampung Direvitalisasi
Pekerja menyelesaikan pembangunan rumah-rumah di Kampung Gembira, Kelurahan Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta, Rabu (3/8/2022). . ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.

Bagikan:

JAKARTA - Sebanyak 106 rumah warga korban kebakaran di Pasar Gembrong RW 01 Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, telah direvitalisasi.

Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar mengatakan, pihaknya terus mengejar target 138 rumah warga korban kebakaran yang direvitalisasi hingga September 2022.

“Komitmen kita dalam rapat, kita harus laksanakan, mulai minggu depan, saya pimpin rapat seminggu sekali, dalam rangka percepatan," kata Muhammad Anwar dilansir ANTARA, Rabu, 17 Agustus.

Anwar menambahkan, pihaknya juga menargetkan pemasangan sarana dan prasarana seperti saluran air, jalan (aspal), listrik, air bersih, PJU (penerangan jalan umum), taman, IPAl (instalasi pengolahan air limbah), hingga jaringan internet sudah rampung pada awal September.

"Kita akan sama-sama monitor yang sudah dikerjakan apa saja, yang belum apa saja," ujar Anwar.

Pemerintah Kota Jakarta Timur memulai pengerjaan revitalisasi permukiman korban kebakaran Pasar Gembrong pada awal Juli 2022.

Pembangunan permukiman yang diberi nama Kampung Gembira Gembrong itu mengusung konsep pengembangan daerah tepian air (water front city).

Tak hanya permukiman warga, namun nantinya juga dibangun ruang terbuka ramah anak hingga lanjut usia (lansia).

Total terdapat 138 rumah warga korban kebakaran Pasar Gembrong yang direvitalisasi menggunakan dana Baznas-Bazis DKI Jakarta dengan anggaran Rp7,8 miliar tersebut.