Tengah Malam Nanti Presiden Jokowi Bakal ke TMP Kalibata
Presiden Jokowi dalam pidato penyampaian RUU APBN Tahun Anggaran 2023 dan Nota Keuangan pada Rapat Paripurna DPR RI Tahun Sidang 2022-2023/Tangkapan layar via ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengunjungi Taman Makam Pahlawan Utama (TMPU) Kalibata, Jakarta Selatan pada Rabu, 17 Agustus pukul 00.00 WIB.

Kunjungan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77. Nantinya, Jokowi akan melaksanakan upacara kehormatan dan semedi suci yang menjadi agenda wajib setiap tahun.

"Ya (Presiden Jokowi akan mengunjungi TMP Kalibata, red). (Hadir, red) pukul 00.00 malam ini", kata Kepala Staf Kepresidenan Heru Budi Hartono melalui pesan singkat, Selasa, 16 Agustus.

Sebelumnya, Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg) Setya Utama memaparkan rangkaian kegiatan memperingati kemerdekaan Indonesia ke-77 sepanjang Agustus 2022 itu kepada masyarakat luas, ada yang internal. Pada hari pertama seperti biasa kami mengadakan konferensi pers untuk menjelaskan kegiatan di bulan kemerdekaan yang disampaikan oleh Ketua Penyelenggara, Kepala Sekretariat Presiden", kata Setya Utama saat konferensi pers di Kementerian Sekretaris Negara Kantor Jakarta, Antara, Senin, 1 Agustus.

Pagi 16 Agustus, Jokowi menyampaikan pidato dan pidato kenegaraan RUU Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RUU APBN) 2023 di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD), gedung Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

Sedangkan pada malam hari tanggal 16 Agustus akan diadakan upacara kehormatan dan meditasi suci di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Kemudian pada 17 Agustus, upacara di Istana Negara akan dilaksanakan dua kali.

Rangkaian upacara pengibaran bendera Merah Putih dimulai pada tanggal 17 Agustus 2022 pukul 09.45 WIB dengan mengundang sekitar 1000-2000 warga untuk menyaksikan langsung di Istana Merdeka, dan pada sore hari mulai sekitar pukul 15.00 WIB dimulai rangkaian penurunan Bendera Merah Putih. dan Bendera Putih dengan sekitar 3000 orang yang bisa mengikutinya secara langsung.

Pada tanggal 18 Agustus 2022 akan diadakan peringatan Hari Konstitusi di Gedung DPR/MPR RI. “Sebagai penutup, di Taman Mini Indonesia Indah akan diadakan festival dan ini juga akan digabung dengan peringatan kemerdekaan dan juga kita sambut tamu G20 nanti dengan 'Festival Rhapsody of Archipelago' di Taman Mini Indonesia Indah sambil ' soft launching' dari TMII yang saat ini sedang berlangsung. Mudah-mudahan akhir Agustus sudah bisa dibangun", ujar Setya.