Puan Maharani Ingatkan Pentingnya Investasi SDM Besar-besaran, Ini Alasannya
Ketua DPR Puan Maharani saat Sidang Tahunan Parlemen di Kompleks Parlemen Senayan, Selasa 16 Agustus. (Tangkapan layar)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani mengatakan inovasi teknologi dan sains membuat Indonesia penting untuk melakukan investasi sumber daya manusia (SDM) secara besar-besaran. Perkembangan pesat harus dikejar.

Hal ini disampaikan Puan saat menyampaikan Pidato Masa Persidangan I Tahun Sidang 2022–2023 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat pada hari ini, Selasa, 16 Agustus.

"Tidak ada pilihan bagi kita untuk tidak investasi besar-besaran pada sumber daya manusia (SDM)," kata Puan dalam pidatonya yang ditayangkan di YouTube DPR RI.

Negara maju, sambung Puan, telah mencapai inovasi teknologi di banyak bidang. Sehingga, semua pihak untuk melakukan persiapan untuk mampu bersaing.

Salah satu caranya dengan fokus sistem pendidikan keahlian pada science, technology, engineering, and mathemathics (STEM). Puan mengatakan kemampuan ini penting diberikan untuk mengantisipasi kebutuhan dan pasar tenaga kerja.

Apalagi, Indonesia adalah negara dengan penduduk terbesar ke-4 di dunia. "Namun fondasi pendidikan dasar anak-anak kita terkait budi pekerti, gotong royong, berbudaya luhur haruslah tetap menjadi roh dan identitas jiwa bangsa," tegasnya.

Lebih lanjut, Puan mengatakan Indonesia juga harus melakukan beberapa hal lainnya untuk menuju negara berpenghasilan tinggi. Adapun di antaranya, terus menciptakan tenaga kerja yang terampil.

"Kita perlu terus melakukan perubahan struktural, menciptakan tenaga kerja terampil, inovasi teknologi yang ramah lingkungan dan efisien, serta iklim usaha yang kondusif," ujarnya.

"Dengan jalan ini kita patut optimis menuju high income country," pungkasnya.