Sidang Tahunan MPR Hari Ini, DPR Perketat Keamanan, Ini Susunan Acaranya
Ilustrasi Gedung DPR MPR Senayan Jakarta. (Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Kesetjenan DPR memperketat pengamanan menjelang Sidang Tahunan MPR, DPR, dan DPD, yang akan dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini, 16 Agustus 2022.

Pantauan VOI, pukul 07.00 WIB, gerbang Gedung Parlemen Senayan sudah dipadati kendaraan yang mengantre masuk. Protokol kesehatan dan pengamanan ketat diterapkan sejak di depan pintu masuk.

Sekjen DPR Indra Iskandar mengatakan, pihaknya juga bekerjasama dengan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dengan menerapkan protap khusus untuk menjaga keamanan dan kelancaran selama Sidang Tahunan MPR 2022 berlangsung.

“Ini sudah sesuai prosedur pengamanan, karena yang hadir adalah Presiden, Wakil Presiden, dan seluruh kepala lembaga tinggi negara. Maka prosedur pengamanannya sudah diatur, saya kira dari Paspampres juga sudah punya standar, dan sudah berkoordinasi dengan kita, dan sudah kita sepakati," ujar Indra dalam keterangannya, Selasa, 16 Agustus.

"Jadi disamping pemeriksaan kepada metal detector, ada pemeriksaan suhu yang kita lakukan. Ini tetap kita sosialisasikan pada para Anggota, pada para tamu, sehingga besok tidak terlalu lama waktunya di pintu gerbang,” sambungnya.

Indra menambahkan, untuk mempermudah awak media dalam mendapatkan akses percepatan informasi selama sidang, diantaranya Pidato Presiden, Pidato Ketua DPR RI, hingga Ketua MPR RI secara menyeluruh bisa didapatkan melalui aplikasi SiPerdana.

“Paparan-paparan sudah disosialisasikan. Kita semua besok bisa melihat apa yang disampaikan melalui aplikasi SiPerdana ini, dan tentu kita berharap semua berjalan lancar dan sesuai dengan apa yang kita semua inginkan,” kata Indra.

Untuk diketahui, Sidang Tahunan MPR, DPR, dan DPD akan dimulai pukul 9.30 WIB dengan diawali dengan pidato pengantar Sidang Tahunan MPR tahun 2022 oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo.

Lalu, dilanjutkan dengan pidato pengantar Sidang Bersama DPR-DPD oleh Ketua DPR Puan Maharani.

Disusul pidato Presiden Jokowi dalam rangka penyampaian laporan kinerja lembaga-lembaga negara serta pidato HUT ke-77 Republik Indonesia.

Acara dilanjutkan kembali pukul 13.30 WIB dengan pidato pembukaan Masa Persidangan I tahun Sidang 2022-2023 yang disampaikan Ketua DPR.

Selanjutnya Presiden Jokowi akan kembali menyampaikan pidato dalam rangka penyampaikan pengantar atau keterangan pemerintah atas RUU tentang APBN Tahun Anggaran 2023 beserta nota keuangannya.

Kemudian agenda beranjak pada penyampaian RUU tentang APBN Tahun Anggaran 2023 beserta nota keuangan dan dokumen pendukungnya kepada Ketua DPR oleh Presiden Jokowi.

Dilanjutkan dengan penyampaian RUU tentang APBN Tahun Anggaran 2023 beserta nota keuangan dan dokumen pendukungnya serta surat permintaan pertimbangan dari Ketua DPR kepada Ketua DPD.

Acara Sidang Tahunan MPR, Sidang Bersama, dan Rapat Paripurna DPR tersebut direncanakan selesai pukul 15.07 WIB.