Gubernur Bengkulu Beri Bantuan Rp36 Juta untuk 12 KK Korban Kebakaran
Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah usai memberikan bantuan kepada para korban kebakaran di Kota Bengkulu. ANTARA/Anggi Mayasari

Bagikan:

BENGKULU - Pemerintah Provinsi Bengkulu memberikan bantuan berupa uang tunai dengan total Rp36 juta, alat bangunan dan sembako kepada 12 Kepala Keluarga (KK) yang menjadi korban kebakaran rumah di Jalan Jeruk Kelurahan Lingkar Timur, Kota Bengkulu.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah di lokasi terjadinya kebakaran menyebutkan, dana bantuan tersebut berasal dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Bengkulu.

"Nominalnya mungkin tidak seberapa, namun mudah-mudahan dapat meringankan beban bapak ibu semua. Mohon diterima dengan keikhlasan," kata Rohidin dilansir ANTARA, Sabtu, 13 Agustus.

Dia menjelaskan, dari Rp36 juta tersebut setiap KK mendapatkan bantuan sebesar Rp3 juta, semen 15 sak, seng, makanan siap saji, sembako, tenda gulung, dan selimut.

Selain berasal dari Baznas Provinsi Bengkulu, bantuan barang tersebut berasal dari Dinas Sosial (Dinsos) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu.

Untuk berkas-berkas dan surat-surat berharga yang habis terbakar, dirinya menjamin akan mempermudah pengurusannya oleh pemerintah daerah.

Namun, dirinya menyarankan agar para korban menunjuk satu perwakilan warga untuk melakukan pendataan surat-surat atau berkas-berkas apa saja yang hangus terbakar.

"Jadi nanti didata, KTP ada berapa, KK ada berapa, kemudian yang lain seperti ijazah, surat kendaraan bermotor termasuk juga sertifikat, semua didata dan diklasifikasikan," ujarnya.