Sufmi Dasco: Syarat Gabung Koalisi di Gerindra Harus Usung Prabowo Subianto Sebagai Capres 2024
Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad (Nailin In Saroh/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyatakan, pihaknya membuka pintu bagi partai politik lain untuk bergabung ke dalam koalisi yang bakal dideklarasikan dengan PKB esok hari di SICC Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 13 Agustus. 

Hanya saja, Dasco menegaskan, bagi partai politik yang ingin bergabung atau berkoalisi dengan Gerindra, salah satu syaratnya harus mendukung Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) 2024.

"Tentunya karena calon presiden dari Partai Gerindra adalah Pak Prabowo, maka syarat koalisi adalah mendukung untuk mengusung Pak Prabowo sebagai calon presiden 2024," ujar Dasco kepada wartawan di SICC Bogor, Jawa Barat, Jumat, 12 Agustus. 

Perihal koalisi, Dasco menegaskan, untuk saat ini Gerindra sudah sepakat dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Dan akan dideklarasikan besok, Sabtu 13 Agustus 2022.

Wakil Ketua DPR RI itu pun mengakui, sudah ada partai politik lain yang menghubungi  Gerindra untuk masuk kedalam koalisi bersama PKB.

"Namun karena masih perlu waktu untuk melakukan pembicaraan-pembicaraan, kami putuskan bahwa nanti setelah deklarasi dengan PKB baru kemudian kami akan mengadakan komunikasi dengan partai tersebut," jelasnya.

 

Meski demikian, Dasco enggan mengungkapkan partai apa yang ingin bergabung dalam koalisi Gerindra-PKB. "Saya belum bisa jawab, tunggu tanggal mainnya," kata Dasco.