Perkembangan Vaksin COVID-19 Moderna Bikin Rupiah Terbang ke Rp14.040 per Dolar AS
Ilustrasi. (Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Nilai tukar rupiah di pasar spot dibuka menguat pada perdagangan Selasa 17 November. Rupiah dibuka menguat 0,50 persen atau 70 poin ke level Rp14.040 per dolar AS.

Kepala Riset Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra mengatakan, rupiah berpotensi menguat lagi hari ini dengan sentimen positif baru dari laporan pengembangan vaksin COVID-19 dari Moderna yang menyebutkan hasil pengujiannya menunjukkan efektivitas yang tinggi sebesar 94,5 persen.

"Hasil dari Moderna ini menambah kepercayaan pasar bahwa vaksin akan segera dirilis dan ekonomi bisa segera pulih. Harga aset-aset berisiko bergerak menguat menanggapi berita ini," ujar Ariston kepada VOI.

Selain itu surplus neraca perdagangan bulan Oktober dan proyeksi pertumbuhan positif ekonomi Indonesia di kuartal keempat oleh Bank Indonesia (BI) juga memberikan sentimen positif ke rupiah.

"Rupiah berpotensi bergerak di kisaran Rp14.000-14.150 per dolar AS hari ini," jelasnya.

Pagi ini, mata uang Garuda tampak perkasa bersama mayoritas mata uang di kawasan Asia lainnya. Yen Jepang menguat 0,06 persen, dolar Singapura naik 0,02 persen, dolar Taiwan bertambah 0,02 persen, dan won Korea Selatan naik 0,12 persen.

Kemudian rupee India naik 0,06 persen, yuan China menguat 0,20 persen, ringgit Malaysia bertambah 0,18 persen, dan baht Thailand naik 0,09 persen. Hanya, peso Filipina yang terlihat melemah 0,04 persen di hadapan dolar AS.