Tiru Jokowi, KIB Pilih Daftar ke KPU Rabu Pon
Tangkapan layar-Konferensi pers Golkar, PAN dan PPP usai mendaftar ke KPU di Jakarta, Rabu. (ANTARA/Boyke Ledy Watra)

Bagikan:

JAKARTA - Tiga partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), yakni Partai Golkar, PAN dan PPP sudah mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2024 ke KPU.

Dalam pendaftaran hari ini, Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PAN Zulkifli Hasan dan Ketum PPP Suharso Monoarfa kompak hadir bersama pada pukul 10.10 WIB. 

Airlangga mengungkapkan, Golkar, PAN dan PPP sengaja mendaftar pada hari ke-10 pendaftaran lantaran bertepatan dengan hari yang sama diselenggarakannya Pemilu 2024, yakni hari Rabu. Rabu hari ini juga bertepatan dengan Rabu Pon yang selama ini dipilih Presiden Joko Widodo menggelar acara penting. 

Rabu Pon merupakan hari dengan weton kesukaan Presiden Jokowi. Bahkan di setiap acara atau reshuffle, Jokowi memilih hari Rabu. Rabu Pon juga merupakan weton kelahiran Jokowi.

"Hari ini kami bertiga sengaja mendaftar bersama, tanggalnya tanggal 10 harinya hari Rabu. Karena setiap Pemilu jatuhnya hari Rabu, dan kedua hari ini kalau wetonnya silakan cari sendiri," ujar Airlangga kepada wartawan, Rabu, 10 Agustus.

Menurutnya, hari Rabu merupakan hari baik lantaran sama dengan pilihan KPU untuk menggelar Pemilu Serentak 2024. 

"Nah harinya kan tanggal 10, pemilu nanti jatuhnya hari Rabu tanggal 14 Februari. Jadi kita mulai dengan hal-hal baik," ungkap Airlangga. 

Airlangga mengatakan, pendaftaran hari ini dimulai dengan rangkaian acara yang disusun secara bersama-sama oleh Golkar, PAN, dan PPP. Sebab kata dia, KIB mengutamakan kebersamaan.

"Kedua, Indonesia ini besar. Oleh karena itu kita tidak bisa bekerja sendiri kita harus bisa bekerja bersama, dan kita harus secara inklusif menata negara ini. Tentu periode 2024 kita butuh lebih banyak pemikiran agar kita menjadi selamat menjadi negara yang maju," jelasnya.