Bagikan:

MEDAN - Lima rumah di permukiman padat penduduk Jalan Cilacap Barat, Kelurahan Belawan II, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, terbakar. Akibat kebakaran tersebut, 4 orang yang masih satu keluarga tewas.

Kepala Dinas Pencegah dan Pemadam Kebakaran Kota Medan, Albon Sidauruk mengatakan, keempat korban yang meninggal dunia yakni Hamidah (75), Yafizam (50), Winda (46) dan M Zulham (15). Sedangkan, korban mengalami luka-luka dalam peristiwa kebakaran itu, yaitu Lisa (50) dan Mutiara (20).

"Ya ada rumah terbakar dan ada 4 korban meninggal dunia dalam satu rumah, masih satu keluarga," kata Albon, Kamis 4 Agustus. 

Dalam kebakaran itu, petugas menurunkan 8 unit armada dan dibantu satu unit mobil pendaman milik TNI Angkatan Laut (AL) di Lantamal I Belawan, Kota Medan.

Albon menjelaskan api berhasil dipadamkan satu jam kemudian. Pihak petugas kebakaran masih di lokasi kebakaran untuk melakukan pendingin.

"Sedangkan, empat korban tewas kita evakuasi dan dibawa ke Rumah Sakit Pelindo, di Belawan," jelasnya.

Hingga kini, penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti. Diduga kuat, kebakaran  disebabkan karena adanya kebocoran tabung gas. 

"Dugaannya karena kebocoran gas," katanya. 

Dari informasi yang didapat, Albon menyebutkan sebelum terjadi kebakaran itu, korban sempat melakukan aktivitas masak di dapur rumahnya.

"Dugaan dari keterangan anggota di lapangan berasal dari kompor gas, kebocoran (tabung) gas lah. Makanya, cepat merebak api. Kalau dugaan dari anggota kita, ada aktivitas masak. Kemudian, kejadian pukul 04.10 WIB," katanya. 

Kini, kasus kebakaran itu diselidikiPolres Pelabuhan Belawan untuk mengetahui penyebab kebakaran.