Sebut Sejumlah Politisi AS 'Bermain Api' Soal Taiwan, Menlu China: Memalukan dan Tidak akan Berakhir dengan Baik
Menlu China Wang Yi. (Wikimedia Commons/Tasnim News Agency/Erfan Kouchari)

Bagikan:

JAKARTA - Beberapa politisi AS secara terbuka 'bermain api' terkait dengan masalah Taiwan, Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengatakan pada Hari Selasa selama tur resminya di negara-negara Asia Tengah.

"Pelanggaran Amerika Serikat terhadap kewajibannya terkait masalah Taiwan itu memalukan dan itu hanya dapat membawa lebih dekat reputasi AS menuju kejatuhannya," kata Kementerian Luar Negeri China mengutip Wang Yi dalam sebuah pernyataan, melansir TASS 2 Agustus.

"Beberapa politisi di Amerika Serikat hanya peduli dengan kepentingan pribadi mereka dan mereka secara terbuka bermain api terkait masalah Taiwan," tambahnya.

Sementara melansir Reuters, Menlu Wang Yi mengatakan para politisi AS yang 'bermain api' dalam masalah Taiwan, akan 'tidak akan berakhir dengan baik', menurut sebuah pernyataan kementerian.

Kendati dia tidak merinci politisi AS mana pun, China telah menyatakan penentangan terhadap kunjungan potensial Pelosi ke Taiwan, meningkatkan eskalasi di kawasan tersebut.

Media Taiwan melaporkan sebelumnya, mengutip seorang pengamat militer yang tidak disebutkan namanya, bahwa dua kapal induk operasional Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) telah dikerahkan ke laut dan mungkin menuju Selat Taiwan.

Surat kabar Taiwan Zhongguo Shibao melaporkan bahwa kapal induk Liaoning dan Shandong baru-baru ini berangkat dari pelabuhan Qingdao dan Sanya.

Diketahui, kunjungan Pelosi mungkin merupakan perjalanan pertama pejabat AS dengan pangkat ini ke pulau itu dalam 25 tahun terakhir. Beijing telah berulang kali memperingatkan Washington bahwa kunjungan ke pulau itu, jika itu terjadi, tidak akan dibiarkan tanpa konsekuensi dan China akan mengambil tindakan keras.