Wakil Ketua DPR Minta Rizieq Shihab Patuhi Protokol Kesehatan
Imam besar FPI Rizieq Shihab (Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad meminta Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19. 

Hal ini disampaikan Dasco saat menanggapi adanya saling lempar tanggung jawab antara pemerintah pusat dan daerah, terkait kewajiban karantina mandiri bagi Rizieq dan rombongannya setelah tiba dari Arab Saudi pada Selasa, 10 November.

Menurutnya, saling lempar tanggung jawab ini sudah tak perlu lagi dilakukan karena Rizieq sudah berada di rumahnya. Meski begitu, kata Dasco, Rizieq harus mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus.

"Ini sudah terlanjur begini. Ya, tinggal mungkin yang bersangkutan itu menjaga soal kesehatan, soal protokol COVID, dan lain-lain, serta lingkungan sekitar," kata Dasco kepada wartawan, Jumat, 13 November.

Selanjutnya, Dasco juga meminta daripada saling ribut melempar tanggung jawab, sebaiknya otoritas kesehatan yang berwenang melakukan tugasnya termasuk melakukan pemantauan.

"Kemudian, biasa kalau begitu ada kepulangan dari luar mungkin otoritas kesehatan bisa melakukan pemantauan," tegasnya.

"Kalau sudah ngomong lempar-lemparan masalah kebijakan sudah enggak perlu, orangnya (Rizieq Shihab, red) sudah di rumah kok," imbuh Ketua Harian Partai Gerindra ini.

Setelah tiba di Indonesia, Rizieq Shihab tidak melaksanakan karantina mandiri selama 14. Kewajiban ini padahal harus dilakukan bagi siapapun yang baru datang dari luar negeri.

Selain itu, dia juga telah melaksanakan pertemuan dengan sejumlah tokoh politik di kediamannya di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat. 

Tak hanya mendapat sorotan karena tidak melakukan karantina mandiri, pentolan FPI ini dan pendukungnya kerap disorot karena tak melakukan protokol kesehatan COVID-19. 

Terbaru, sorotan muncul setelah Rizieq menghadiri acara Maulid Nabi di Majelis Taklim Al Afaf yang digelar Al Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf di kawasan Tebet, Jakarta Selatan.

Acara ini berlangsung sekitar pukul 05.00 WIB dan disiarkan di Youtube Front TV. Pada acara ini, banyak jemaah yang hadir tidak mengenakan masker dan tanpa menjaga jarak. Rizieq yang semula mengenakan masker pun sempat mencopot maskernya sesekali.