Kerangka Dinosaurus Langka Laku Dilelang Rp90 Miliar: Pemenangnya Dapat Memilih Nama, Disoroti Ilmuwan
Kerangka Gorgosaurus. (Sumber: Sotheby's via CNN)

JAKARTA - Kerangka Gorgosaurus dijual seharga $6.069.500 dolar AS atau sekitar Rp90.063.793.125 di lelang New York City pada Kamis pekan lalu, menjadi kesempatan yang tidak biasa tapi juga menuai keprihatinan ilmuwan.

Rumah lelng Sotheby's mnegatakan, spesimen yang panjangnya tiga meter, adalah salah satu dinosaurus paling berharga yang pernah muncul di pasar.

Diketahui, Gorgosaurus menjelajahi bumi sekitar 76 juta tahun yang lalu. Sebagai bonus tambahan, pemenang lelang juga dapat memilih nama untuk kerangka dinosaurus.

“Dalam karir saya, saya memiliki hak istimewa untuk menangani dan menjual banyak benda luar biasa dan unik, tetapi hanya sedikit yang memiliki kapasitas untuk menginspirasi keajaiban dan menangkap imajinasi seperti kerangka Gorgosaurus yang luar biasa ini,” kata Cassandra Hatton, kepala sains dan budaya populer global Sotheby's global, melansir The National News 28 Juli.

Gorgosaurus dewasa yang khas memiliki berat sekitar dua ton, sedikit lebih kecil dari kerabatnya yang lebih terkenal, Tyrannosaurus rex. Kerangka itu ditemukan di Formasi Sungai Judith dekat Havre, Montana, pada 2018.

Ahli paleontologi mengatakan, Gorgosaurus lebih ganas dan lebih cepat daripada T-Rex, dengan gigitan yang lebih kuat sekitar 42.000 newton dibandingkan dengan 35.000.

Semua kerangka Gorgosaurus lain yang diketahui ada dalam koleksi museum, menjadikannya satu-satunya spesimen yang tersedia untuk kepemilikan pribadi, kata rumah lelang.

“Ini adalah satu-satunya yang benar-benar dapat Anda beli, jadi ini adalah momen yang menyenangkan, baik untuk kolektor pribadi maupun institusi,” terang Ms Hatton.

Penjualan tersebut menandai pertama kalinya Sotheby's melelang kerangka dinosaurus lengkap sejak menjual Sue the T-Rex pada 1997 seharga 8,36 juta dolar AS.

kerangka gorgosaurus
Kerangka Gorgosaurus. (Sumber: Sotheby's via CNN)

Pelelangan Sue juga kontroversial dan, pada saat itu, merupakan contoh terbaru dari tantangan baru untuk pengelolaan sumber daya fosil: John W. Hoganson, ahli paleontologi emeritus dari Survei Geologi Dakota Utara, menulis dalam buletin survei edisi 1998 tentang dampak potensial pada kemajuan ilmiah dari "pasar internasional yang berkembang untuk fosil dan pengumpulan dan penjualan fosil yang dihasilkan oleh pencatut."

"Komunitas paleontologi profesional dengan cemas mengantisipasi lelang T. rex karena ketidakpastian apakah spesimen penting akan berakhir di koleksi pribadi, sehingga membuatnya tidak tersedia untuk studi ilmiah dan tampilan publik, atau di gudang publik di negara ini," dia menulis, seperti mengutip CNN.

"Kekhawatiran utama adalah efek penjualan pada ilmu paleontologi."

Selama masa jabatan Hoganson, ia mendirikan Koleksi Fosil Negara Bagian Dakota Utara dan terlibat dalam pembuatan undang-undang federal untuk melindungi sumber daya fosil di tanah federal di AS, menurut pemerintah negara bagian.

Stan, kerangka Tyrannosaurus rex terlengkap di dunia, mencetak rekor dunia baru pada tahun 2020 ketika terjual seharga 31,8 juta dolar AS di Christie's. Pada saat penjualan, ahli paleontologi khawatir fosil itu hilang dari ilmu pengetahuan, tetapi pada Bulan Maret Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Abu Dhabi mengungkapkan rencana Stan untuk menjadi daya tarik bintang di museum sejarah alam baru, yang diharapkan dibuka pada tahun 2025 di Abu Dhabi, seperti yang dilaporkan CNN sebelumnya.

Saat Sue tetap dipamerkan di Museum Lapangan, Stan menunggu rumah permanen, dan Gorgosaurus telah dijual, beberapa ilmuwan tidak senang bahwa tren ini terus berlanjut.

"Menurut pendapat saya sendiri, hanya ada kontra," kata P. David Polly, seorang profesor dan ketua departemen ilmu bumi dan atmosfer di Indiana University Bloomington.

"Meskipun tentu saja tidak ada undang-undang di AS yang mendukung hal ini untuk fosil yang berasal dari tanah pribadi, mudah bagi saya sebagai ilmuwan untuk berargumen bahwa fosil itu penting bagi kita semua, dan benar-benar harus disimpan di gudang publik. di mana ia dapat dipelajari, di mana masyarakat luas dapat belajar darinya dan menikmatinya."

Fosil di tanah pribadi adalah milik individu pribadi yang dapat melakukan apa yang mereka inginkan dengan mereka. Sedangkan fosil di tanah publik diatur oleh pemerintah federal dan pada dasarnya milik pemerintah atau "rakyat, jika Anda mau," kata Polly.

"Ketika ada fosil yang dilelang seperti ini dan diperkirakan menghasilkan jutaan dolar, salah satu hal yang dilakukannya adalah mengatakan kepada pemilik tanah swasta, bahwa fosil di tanah mereka benar-benar harus dimonetisasi."

Pakar ilmiah lainnya, bagaimanapun, mengakui bahwa koleksi museum secara historis termasuk akuisisi dari sumber komersial.

"Saya sedih karena ada label harga untuk dinosaurus," tapi "ini bukan masalah hitam atau putih," kata Gregory Erickson, profesor anatomi dan paleobiologi vertebrata di Florida State University di Tallahassee. "Ada sejarah museum membeli spesimen komersial."

Untuk diketahui, tidak seperti negara lain, AS tidak membatasi penjualan atau ekspor fosil, yang berarti kerangka itu bisa berakhir di luar negeri.