JK Bicara Segudang Pengalaman Appi Calon Wali Kota Makassar
Calon wali kota-wakil wali kota Makassar nomor urut 2 Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando (Appi-Rahman)

Bagikan:

MAKASSAR- Tokoh politik senior yang juga Wakil Presiden RI ke-10 dan 12, Jusuf Kalla (JK) berbicara kompetensi keponakannya Munafri Arifuddin (Appi). Appi yang maju menjadi calon wali kota Makassar dianggap berpengalaman dan layak memimpin Kota Makassar. 

"Di pemerintahan dia segera, di keluarga keturunan tahu mengerti, mengerti bisnis juga. Di samping itu mengorganisir olahraga, jadi lengkap sudah, sebenarnya, saya juga pernah jadi ketua PSM 10 tahun, dia penerus ini," kata JK dalam video pernyataannya dilihat VOI, Rabu, 11 November.

JK mengatakan, kemajuan Kota Makassar sangat tergantung kepada jasa, perdagangan, perbankan, pendidikan agar Makassar menjadi daya tarik. Appi calon nomor urut 2 di Pilkada Makassar disebut JK memiliki pengalaman itu.

"Tentu yang dipilih ya tentu punya kemampuan, Appi ini ada pengalaman ke situ," ujar JK. 

Appi, kelahiran Majene, 20 September 1975 adalah pebisnis Indonesia yang menjabat sebagai CEO klub sepak bola PSM Makassar. Dia pernah berada di Bosowa Group sebelum pindah ke klub sepak bola. 

Pada tahun 2018, Appi maju dalam Pilkada Makassar berpasangan dengan Rachmatika Dewi (Cicu) dari NasDem. Appi-Cicu menjadi calon tunggal setelah lawannya didiskualifikasi. Tapi Appi kalah melawan kotak kosong di Pilkada Makassar 2018.

Pada tahun 2016, rapat pemegang saham PSM Makassar memilih Munafri sebagai CEO baru klub sepak bola ini menggantikan Rully Habibie. Sebelumnya, Munafri menjabat di sejumlah klub seperti Hasanuddin FC dan Perseka Bosowa. 

Kali ini Appi kembali maju di Pilkada Makassar 2020. Dia berpasangan dengan Abdul Rahman bando yang saat ini diusung Demokrat, PPP, Perindo sekaligus didukung PSI.