Pasang Foto JK Pose Tiga Jari, Ini Penjelasan Calon Wali Kota Makassar Deng Ical
Calon Wali Kota Makassar nomor urut 3 Syamsu Rizal (Deng Ical) saat menemui warga/DOK. Timses

Bagikan:

MAKASSAR - Calon Wali Kota Makassar nomor urut 3 Syamsu Rizal (Deng Ical) memasang foto Jusuf Kalla (JK) saat berpose tiga jari. Deng Ical menyebut dirinya memasang foto itu karena JK merupakan tokoh publik.

Foto JK dipasang sebagai foto profil Instagram Deng Ical. Dalam foto, JK mengenakan batik dan sedang menunjukkan tiga jari.

"Saya pasangji itu foto, kan ada fotonya, makanya saya pasang, beliau fublik figur, beliau bantu saya," kata Deng Ical dikonfirmasi VOI, Senin, 9 November.

Sebelumnya tim  pasangan calon wali kota-wakil wali kota Makassar Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando menegaskan dukungan JK ke pasangan nomor urut dua di Pilkada Makassar.

"Pak JK dengan jelas dan tegas menyampaikan testimoni dukungan pada saat deklarasi Appi-Rahman Agustus lalu. Jika Deng Ical posting foto tertentu, itu hak dia," kata Fadli Noor, Sabtu, 7 November. 

Bagi pakar politik Universitas Bosowa (Unibos) Makassar, Arif Wicaksono, mengatakan permainan simbol dalam kontestasi politik wajar terjadi. 

"Biasaji itu, permainan simbol jadi ada mungkin permintaan, kebutuhan Dg Ical untuk menggunakan simbol dengan angka 3, mungkin kalau pertanyaannya? Kalau begitu memang kan Dg Ical dan Pak JK sama-sama di PMI, jadi wajar saja kalau seperti itu," ujarnya.

Tapi Arif membertanyakan alasan Deng Ical baru memasang foto JK beberapa hari belakangan. 

"Ini akan membuat orang berpikir lagi, jangan sampai Dengg Ical sudah tahu sebetulnya kekuatannya sampai seberapa, sehingga baru sekarang digunakan Pak JK kan untuk itu," pungkasnya. 

Tokoh politik senior Jusuf Kalla (JK) menyatakan dukungannya kepada pasangan calon Appi-Rahman di Pilkada Makassar. Munafri yang juga keponakan JK dianggap paling pas memimpin kota terbesar di Indonesia Timur itu. 

"Kota Makassar, kota terbesar di Indonesia Timur, penanganan Makassar sangat penting. Karena itu (harus) dipimpin oleh wali kota yang baik yang mengetahui masalah," kata JK dalam video pernyataannya.

Bukan cuma mengerti pangkal persoalan yang harus dibenahi di Kota Makassar, wali kota menurut JK harus berpengalaman dalam bidang bisnis. Karena konektivitas antara kepemimpinan daerah dengan bisnis untuk memastikan investasi di daerah sangat diperlukan. 

"Karena dibutuhkan suatu hubungan-hubungan yang baik kemampuan entrepreneur yang baik. Karena itu saya juga mengharapkan saudara Appi yang mencalonkan diri sebagai calon wali kota, saya yakin mampu untuk mengangkat Makassar ini mengambil perannya yang baik untuk kemajuan kita semua. Itulah harapan kita semua," kata JK.