Bagikan:

JAKARTA - China kembali mengeluarkan peringatan keras, Washington akan menanggung semua konsekuensi kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi ke Taiwan, meningkatkan ketegang kedua negara.

"Kami dengan tegas menentang kunjungan Ketua Pelosi ke Taiwan," kata juru bicara kementerian luar negeri China Zhao Lijian pada konferensi pers reguler, melansir Reuters 27 Juli.

"Jika AS mendorong maju dan menantang garis bawah China, pihak AS akan menanggung semua konsekuensi yang timbul darinya," tambahnya.

Taiwan yang demokratis hidup di bawah ancaman terus-menerus akan diserang oleh China, yang memandang pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu sebagai bagian dari wilayahnya untuk direbut secara paksa jika perlu.

Kemungkinan kunjungan oleh Nancy Pelosi, yang belum dikonfirmasi oleh senior Demokrat, telah menimbulkan kekhawatiran dalam pemerintahan Presiden Joe Biden, yang khawatir perjalanan itu dapat melewati garis merah bagi China.

Itu terjadi pada saat yang sangat sulit ketika Presiden Xi Jinping, pemimpin paling kuat China dalam beberapa dekade, bersiap untuk memperkuat kekuasaannya akhir tahun ini dalam pertemuan partai besar.

Pelosi mengatakan kepada wartawan pekan lalu bahwa "penting bagi kami untuk menunjukkan dukungan untuk Taiwan", sementara menyangkal Kongres mendorong kemerdekaan untuk pulau itu.

Terkait dengan hal ini, Presiden Joe Biden mengutip kekhawatiran dari militer AS tentang kemungkinan perjalanan Pelosi awal pekan ini.

“Saya pikir militer menganggap itu bukan ide yang baik saat ini, tetapi saya tidak tahu apa statusnya,” kata Biden pada hari Rabu ketika ditanya apakah itu ide yang baik bagi Pelosi untuk melakukan perjalanan ke pulau yang berpemerintahan sendiri itu, melansir CNN.

Diketahui, Taiwan menikmati dukungan bipartisan di Washington yang terpecah dan peringatan China hanya memicu seruan bagi Pelosi untuk terus maju.