Hingga Siang Ini Bharada E Tak Juga Muncul, Ketua Komnas HAM: Harus Datang!
Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik di Kantor Komnas HAM, Selasa, 26 Juli. (Nailin N/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Ajudan atau aide de camp (ADC) Kadiv Propam Polri nonaktif Irjen Ferdy Sambo termasuk Bharada E dipanggil Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Selasa 26 Juli. Namun, hingga siang hari ini, Bharada E tak muncul di kantor Komnas HAM.

"Pagi ini ada lima ajudan dari saudara Ferdi Sambo yang sudah memenuhi panggilan Komnas HAM untuk dimintai keterangan. Kami masih menunggu beberapa yang lainnya, sebisanya juga hari ini. Kami juga sudah tanya Mabes Polri mengenai belum hadirnya dua orang lagi," ujar Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik di Kantor Komnas HAM, Selasa, 26 Juli.

Para ajudan itu diperiksa dan dimintai keterangan terkait peristiwa penembakan terhadap Brigadir J alias Nofryansah Yosua Hutabarat di rumah Irjen Ferdy Sambo. 

"Sampai tadi (Bharade E) belum (hadir) makanya sedang kita tanyakan keberadaan saudara Bharada E ini. Bisa jadi mungkin karena sekarang dibawah perlindungan LPSK atau unit lain saya belum tahu. Tapi kami sudah tanyakan kepada Mabes Polri keberadaan saudara Bharada E karena Komnas HAM sangat berkepentingan mendapatkan keterangan langsung dari saudara Bharada E," lanjut Taufan.

Taufan menegaskan, Komnas HAM mengupayakan dan meminta agar pemeriksaan terhadap 7 ajudan tersebut dapat diselesaikan hari ini. Pihaknya, akan mengecek mengapa Bharada E belum juga datang.

"Sementara ada 7 kami akan tanyakan lagi apakah masih ada yang lain kalau ada yang lain kita minta semua. Pagi ini baru datang 5 maka kami tanya ulang mengapa yang lain belum datang. Apakah ada pemeriksaan ataukah ada prosedur tertentu, karena misal ada yang sudah melapor ke LPSK kita ingin tahu," tuturnya.

"Semua nya [dipanggil] sementara yang kita tahu ada 7 kalau nanti keterangannya ada staf lain kita gak tahu. Sebisanya hari ini. [Kalau tidak datang)] kita akan minta secara resmi karena sangat penting informasi dari mereka terutama Bharada E," tegasnya.

Taufan belum dapat memastikan kapan pemeriksaan hari ini akan selesai. Yang jelas, kata dia, apabila Bharada E tidak hadir hari ini maka Komnas HAM akan menjadwalkan lagi besok pagi

"Gak tahu kita sampai selesai kan interaksi tanya jawab. Ada pendamping dari Mabes Polri tentu ada diluar. Pemeriksaan satu-satu dalam ruangan berbeda,"

"Saya minta datang [Bharade E] kami tunggu besok pagi [kalau sampai sore tidak hadir]. [Bharada E] Harus datang!" kata Taufan.