Bharada E Tinggalkan Komnas HAM Usai Diperiksa Terkait Kematian Brigadir J
FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Richard Eliezer Pudihang Lumiu Bharada E meninggalkan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) usai diperiksa selama lebih dari 4 jam.

Bharada E keluar dari gedung Komnas HAM sekitar pukul 18.20 WIB, Selasa, 26 Juli. Bharada E diperiksa sejak tiba pada pukul 13.25 WIB.

Sementara 5 ajudan atau ADC Irjen Ferdy Sambo lainnya sudah keluar sejak pukul 17.25 WIB dan diperiksa sejak pukul 10.00 WIB. 

Bharada E tidak mengucapkan sepatah kata dan hanya tertunduk di tengah kerumunan hingga menaiki mobil.

Komisioner Komnas HAM Choirul Anam mengatakan pertanyaan yang sama ditujukan ke semua ajudan termasuk Bharada E. Namun, Anam mengakui ada pertanyaan khusus bagi Bharada E lantaran yang bersangkutan diduga terlibat dalam peristiwa.  

"Semua pertanyaan sama. Tapi memang ada kekhususan sendiri, misalnya Bharada E ada kontribusi peristiwa. Jadi spesifikasi pertanyaan bukan hanya di Bharada E tapi semua sama," ujar Anam .

Anam mengatakan, Bharada E telat menghadiri panggilan lantaran sedang berada di tempat berbeda dengan rekannya sesama ADC Irjen Sambo. 

"Yang lain datang agak pagi mulai jam 10.00. Bharada E siang tadi karena tempat berbeda, mereka tidak di satu tempat yang sama makanya perlu waktu untuk datang ke Komnas HAM," kata Anam.