Gubernur Sumut Edy Ajak Masyarakat Teladani SM Amin Nasution
Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi (Instagram edy_rahmayadi)

Bagikan:

MEDAN - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi menyambut baik penganugerahan pahlawan nasional SM Amin Nasution dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Gubsu Edy meminta masyarakat meneladani sikap SM Amin yang mencintai dan memperjuangkan kemerdekaan dari penjajahan baik di masa muda hingga saat menjabat sebagai gubernur.

"Itu yang akan kita kaji, besarkan dan kita berikan kepada seluruh anak-anak kita, sebagai penyemangat motivasi, untuk bagaimana anak kita mengisi kemerdekaan," ujar Edy kepada wartawan, Selasa, 10 November.

Menurut Gubsu Edy, SM Amin merupakan pahlawan nasional ke-12 dari Sumut. Saat ini, pihaknya akan mengajukan 8 nama calon pahlawan nasional. 

"Ada kurang lebih 8 yang akan kita ajukan, sayaa belum bisa sampaikan di sini saat ini. Karena perlu ada kajian ilmiah seminar-seminar dan baru kita ajukan ke tingkat nasional," ungkapnya. 

Gubernur Edy mengajak seluruh masyarakat khususnya pemuda tetap mengisi kemerdekaan dengan melakukan hal-hal positif.

SM Amin Nasution lahir di Aceh pada 22 Februari 1904. Sejak muda SM Amin sudah terlibat menjadi aktivis di masa memperjuangkan kemerdekaan RI.