Sunda Empire, Kelompok Mencurigakan yang Tak Terdaftar di Bandung
Tangkap layar video viral Sunda Empire (Foto: Istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah muncul Keraton Agung Sejagat di Purworejo, Jawa Tengah, munculah kelompok Sunda Empire di Bandung. Keduanya ramai diperbincangkan di media sosial. Keraton Agung Sejagat sudah berurusan dengan hukum, karena ada unsur penipuan dalam pembentukan keraton ini.

Sementara, Sunda Empire sedang ditelusuri otoritas terkait. Pimpinan Sunda Empire diketahui bernama Raden Ranggasasana. Menurut mereka, kelompok ini merupakan kekaisaran yang mengelola bumi dan matahari. Mereka juga mengklaim pusat pemerintahan dunia berasal di Bandung.

Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Bandung Ferdi Ligaswara mengatakan, dari hasil penelusurannya, Sunda Empire tak daftar sebagai organisasi masyarakat (ormas) ataupun kelompok yang berada di wilayah Kota Bandung.

"Penelusurannya secara administratif, pemerintah kota Bandung melalui Kesbangpol, SE (Sunda Empire) tidak terdaftar," ucap Ferdi kepada VOI saat dihubungi, Senin, 20 Januari.

Dikonfirmasi terpisah, Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Saptono Erlangga Waskitoroso mengatakan, polisi sedang petunjuk serta infomasi tekait kelompok tersebut. Dia tak bisa menyampaikan pernyataan lebih jauh terkait keberadaan kelompok tersebut.

"Sedang didalami. Setelah dilakukan pemeriksaan, baru diketahui. Masih didalami menunggu hasilnya," kata Erlangga.