Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memberikan pelatihan kepada ratusan peserta yang berasal dari pelaku UMKM, milenial, hingga emak-emak, di Markas Food, Jalan Joesoef Dalie, Wongkaditi Barat, Kota Gorontalo.

Pelatihan pengolahan jagung menjadi susu dan puding yang diajarkan kepada peserta guna menciptakan inovasi baru untuk berwirausaha.

Sandiaga pun berharap pelatihan tersebut dapat menjadi nilai tambah dan meningkatkan peluang pekerjaan baru.

"Provinsi Gorontalo dikenal sebagai penghasil jagung, pengolahan jagung dan pelatihan ini, saya berharap nilai tambahnya dirasakan oleh masyarakat. Bila nilai tambah meningkat, lapangan kerja terbuka sehingga penghasilannya dirasakan masyarakat, disinilah ekonomi bergerak," kata Sandiaga dalam keterangan tertulis, Sabtu 16 Juli.

Akses pemasaran yang cukup sulit dilakukan oleh para UMKM membuat mereka tersendat dalam penjualannya. Dengan begitu Sandiaga memberikan jalan ke luar bagi emak-emak dengan cara bantuan promosi.

"Kita punya solusi di Kemenparekraf, saya pengalaman dalam menghadirkan jalan keluar agar para ibu - ibu ini kita bantu promosinya, kita buka jaringannya, dan suatu saat penghasilan mereka akan meningkat," kata Sandiaga.

Sementara itu, salah satu pelaku UMKM Yukemi Botutihe mengungkapkan dengan pelatihan yang diadakan para peserta dapat bangkit dari keterpurukan dalam ekonominya.

"Alhamdulillah dengan adanya ini bisa membantu kita yang notabenenya memang sudah terpuruk dalam perekonomian. InsyaAllah kedepannya kita pastikan ini berkembang, karena tadikan sudah dibantu promosi sama Pak Sandi dan itu sangat membantu sekali," kata Yukemi.